STUDI FENOMENOLOGI PENERAPAN KEWASPADAAN STANDAR SEBAGAI ANTISIPASI HEALTHCARE ASSOCIATED INFECTIONS OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD RADEN MATTAHER JAMBI

FIRDASARI, FIRDASARI (2019) STUDI FENOMENOLOGI PENERAPAN KEWASPADAAN STANDAR SEBAGAI ANTISIPASI HEALTHCARE ASSOCIATED INFECTIONS OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD RADEN MATTAHER JAMBI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full text)
TESIS FIRDASARI-1521312002.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kewaspadaan standar sebagai kewaspadaan utama diterapkan secara rutin dalam perawatan di rumah sakit. Sehingga penting untuk mengetahui bagaimana penerapan kewaspadaan standar yang dilakukan oleh perawat selaku tenaga kesehatan yang menghabiskan lebih banyak waktu berinteraksi dengan pasien dan memiliki pengaruh dalam besarnya angka kejadian HAIs. Penelitian ini menggunakan desain fenomenologi dengan tujuan diperolehnya gambaran tentang pengalaman perawat dalam penerapan kewaspadaan standar sebagai antisipasi HAIs. Partisipan berjumlah sepuluh orang. Data dikumpulkan melalui metode Focus Group Discussion dan wawancara mendalam. Analisa data dengan metode Collaizi. Hasil penelitian didapatkan 7 tema ; 1)Perawat mengetahui konsep kewaspadaan standar sebagai antisipasi HAIs; 2) Perilaku kebersihan tangan perawat masih belum konsisten pada setiap tindakan; 3) Kelalaian perawat dalam penggunaan APD; 4) Upaya manajemen menanggapi masalah dalam penerapan kewaspadaan standar belum optimal; 5) Motivasi perawat dalam penerapan kewaspadaan standar cukup baik; 6) Adanya kendala yang dihadapi perawat dalam penerapan kewaspadaan standar; 7) Adanya harapan perawat dalam penerapan kewaspadaan standar. Disarankan manajemen Rumah Sakit dapat memfasilitasi perawat dalam peralatan usaha pencegahan dan pengendalian infeksi dan meningkatkan kualitas perawat dengan pelatihan dasar pencegahan dan pengendalian infeksi yang merata. Kata Kunci : HAIs, kewaspadaan standar, perawat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Hafni Bachtiar, MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 16 May 2019 15:33
Last Modified: 16 May 2019 15:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44675

Actions (login required)

View Item View Item