Desain Sistem Informasi Pascapanen dan Pemasaran Kopi Arabika (Coffea arabica) Solok Radjo Berbasis Website

Zamzaini, Ahyati (2019) Desain Sistem Informasi Pascapanen dan Pemasaran Kopi Arabika (Coffea arabica) Solok Radjo Berbasis Website. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Solok Radjo merupakan sebuah koperasi yang usaha utamanya bergerak dibidang produksi kopi arabika dengan kualitas specialty. Saat ini koperasi Solok Radjo belum memiliki sistem informasi pascapanen dan sistem pemasarannya masih konvensional dimana Solok Radjo selaku produsen bertemu langsung dengan konsumennya. Hal tersebut membuat koperasi Solok Radjo membutuhkan sistem informasi pascapanen, dimana dengan adanya sistem informasi pascapanen ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap koperasi Solok Radjo sehingga meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk kopi Solok Radjo. Pemasaran kopi arabika koperasi Solok Radjo yang masih konvensional kurang efisien dan kurang efektif sehingga perlu sebuah sistem pemasaran yang baru. Kondisi ini didukung dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat yang akan memberikan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Zaman sekarang yang serba online dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah ini dengan cara membuat sebuah desain sistem informasi pascapanen dan pemasaran kopi arabika Solok Radjo berbasis website yang telah dilakukan dari bulan April sampai Juni 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang sistem informasi kopi arabika Solok Radjo berbasis website. Selain itu untuk merancang sistem informasi pemasaran kopi arabika Solok Radjo sebagai media promosi secara online dalam memperkenalkan produk kopi yang dijual oleh koperasi Solok Radjo dengan berbasis website. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan penelitian langsung, sedangkan data sekunder sebagai data penunjang untuk mendukung analisis penelitian serta menggunakan metode pengembangan sistem metode waterfall. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini sebuah sistem informasi pascapanen dan pemasaran yang dapat diakses pada alamat website www.solokradjoproject.com. Sistem informasi ini diharapkan memperluas jaringan pemasaran kopi arabika Solok Radjo, dapat dilihat semua orang dan sebagai media promosi untuk koperasi Solok Radjo dalam memperkenalkan produk yang diproduksinya. Kata kunci - Kopi arabika, Sistem Informasi Pascapanen dan Pemasaran, Solok Radjo, Website

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dinah Cherie, S.TP, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 17 May 2019 14:13
Last Modified: 17 May 2019 14:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44660

Actions (login required)

View Item View Item