TINJAUAN PENGARUH EKIVALENSI SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL TIGA LENGAN (Studi Kasus : Persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan - Jalan Agus Salim - Jalan Sawahan Kota Padang)

Luthfi, Fahri Afriza Harahap (2019) TINJAUAN PENGARUH EKIVALENSI SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL TIGA LENGAN (Studi Kasus : Persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan - Jalan Agus Salim - Jalan Sawahan Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover&abstrak_Luthfi Fahri Afriza Harahap_1310921082.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan_Luthfi Fahri Afriza Harahap_1310921082.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan_Luthfi Fahri Afriza Harahap_1310921082.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Luthfi Fahri Afriza Harahap_1310921082.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi_Luthfi Fahri Afriza Harahap_1310921082.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil studi kasus pada Persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Agus Salim – Jalan Sawahan Kota Padang. Berdasarkan referensi yang telah ditinjau, penelitian ini memerlukan dua data pendukung yaitu, data volume lalu lintas dan data geometrik, yang mana data-data tersebut diperoleh dengan cara pengamatan dan pengukuran langsung pada persimpangan yang ditinjau. Dengan menggunakan data volume lalu lintas maka akan didapat besar persentase jumlah sepeda motor, arus jenuh aktual dan besar nilai ekivalensi sepeda motor. Data volume lalu lintas yang diperoleh berupa jumlah kendaraan pada interval waktu 15 menit, selanjutnya dikonversikan menggunakan nilai ekivalensi masing-masing jenis kendaraan yang telah ditetapkan. Data tersebut diperlukan untuk mengetahui jam puncak, yang selanjutnya digunakan untuk mengetahui persentase jumlah sepeda motor dan besar arus jenuh pada persimpangan tersebut sehingga arus jenuh aktual dapat ditentukan. Arus jenuh aktual diperlukan untuk meninjau ulang nilai ekivalensi sepeda motor yang diselesaikan dengan metoda regresi linier berganda. Sedangkan data geometrik diperlukan untuk penggambaran denah pada persimpangan yang ditinjau. Pada penelitian ini persentase jumlah sepeda motor adalah 62,70 % pada lengan Jalan Perintis Kemerdekaan, 56,15 % pada lengan Jalan Agus Salim, dan 66,87 % pada lengan Jalan Sawahan, yang mana secara keseluruhan diperoleh persentase jumlah sepeda motor adalah 61,91 %. Selanjutnya diperoleh besar arus jenuh aktual rata-rata pada persimpangan yang ditinjau yaitu sebesar 266 smp/15 menit atau 1065 smp/jam. Sedangkan nilai ekivalensi sepeda motor pada ketiga lengan simpang pada persimpangan yang ditinjau sangat bervariasi, yaitu untuk lengan Jalan Perintis kemerdekaan adalah 0,3195, untuk lengan Jalan Agus Salim adalah 0,3602, dan untuk lengan Jalan Sawahan adalah 0,2247. Kata Kunci: Persimpangan bersinyal, Persentase jumlah sepeda motor, Arus jenuh aktual, Nilai ekivalensi sepeda motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: M. Aminsyah, MT
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 15 May 2019 12:48
Last Modified: 15 May 2019 12:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44581

Actions (login required)

View Item View Item