ANALISIS PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHA KECIL DAN MIKRO PENGOLAHAN UBI KAYU MENJADI KERUPUK OPAK (Studi Kasus : Usaha Kerupuk Opak Minang Yuni dan Usaha Kerupuk Opak Rina Di Kecamatan Siantar Utara Kota Pematangsiantar Provinsi Sumatera Utara)

Diah, Utami Mandasari (2019) ANALISIS PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHA KECIL DAN MIKRO PENGOLAHAN UBI KAYU MENJADI KERUPUK OPAK (Studi Kasus : Usaha Kerupuk Opak Minang Yuni dan Usaha Kerupuk Opak Rina Di Kecamatan Siantar Utara Kota Pematangsiantar Provinsi Sumatera Utara). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Diah Utami Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas usaha kecil dan mikro pada usaha pengolahan ubi kayu menjadi kerupuk opak dengan studi kasus usaha kerupuk opak Minang Yuni dan usaha kerupuk opak Rina meliputi aspek operasional, aspek pemasaran dan aspek keuangan dan menganalisis keuntungan dan titik impas usaha. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan perhitungan keuangan menggunakan metode variabel costing. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan literatur. Kedua usaha pengolahan ubi kayu hanya melakukan pencatatan keuangan secara sederhana. Kedua usaha pengolahan ubi kayu sudah memperoleh keuntungan pada periode September 2018. Usaha kerupuk “opak” Minang Yuni memperoleh keuntungan sebesar Rp.2.412.426 dengan impas penjualan sebesar Rp.11.574.337 dan impas kuantitas sebanyak 1.154 bungkus. Dan pada usaha kerupuk opak Rina memperoleh keuntungan sebesar Rp.263.706 dengan impas penjualan sebesar Rp.3.816.611 dan impas kuantitas sebanyak 545 bungkus. Dari hasil penelitian kedua usaha ini sudah berada diatas titik impas. Kata Kunci : kerupuk opak, keuntungan, variabel costing, titik impas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Cipta Budiman, S.Si., M.M
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 26 Apr 2019 16:10
Last Modified: 26 Apr 2019 16:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44064

Actions (login required)

View Item View Item