KINERJA PERKERASAN ASPAL PORUS DENGAN PENAMBAHAN KARET GONDORUKEM

MUHAMMAD, IDRAL (2016) KINERJA PERKERASAN ASPAL PORUS DENGAN PENAMBAHAN KARET GONDORUKEM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (idral).pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I (idral).pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI (idral).pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TA Skripsi Muhammad Idral.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Untuk meningkatkan kualitas perkerasan jalan raya diperlukan peningkatan dari kualitas aspal salah satunya. Aspal yang berfungsi sebagai perekat agregat dalam campuran aspal beton sangat penting dipertahankan karakteristiknya. Untuk mempertahankan atau meningkatkan sifat aspal salah satunya bisa dengan memodifikasi aspal tersebut. Karet gondorukem adalah istilah yang digunakan sebagai sebutan umum produk pengolahan getah dari pohon pinus. Dimana penelitian sebelumnya hanya meneliti pengaruh yang terjadi pada aspal saja, kemudian peneliti ingin melanjutkan meniliti ke dalam bentuk perkerasan campuran aspal porus. Penelitian ini berfungsi untuk melihat pengaruh aspal modifikasi dengan menambahkan karet gondorukem dengan variasi persentase berbeda ke dalam aspal tersebut dalam campuran aspal porus, diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan atau pengetahuan tentang pengaruh penambahan karet gondorukem pada aspal kepada pengguna jasa yang bergerak di bidang konstruksi, khususnya Perkerasan Jalan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan karet gondorukem dalam aspal sebagai bahan pengikat dapat mempertahankan nilai karakteristik Marshall di atas spesifikasi, dan menaikan nilai stabilitas serta mempertahankan nilai kelelehan agar tidak terlalu tinggi. Dari variasi persentase dipilih penambahan karet gondorukem 7% yang layak untuk di rekomendasikan karena nilai stabilitasnya paling maksimum yaitu sebesar 902,309 kg, dan nilai kelelehan di peroleh 4,55 mm dan nilai VIM (Void In Mixture) di peroleh 21,74 %. Sehingga apabila ini digunakan dalam perkerasan jalan akan menghasilkan kekuatan yang tinggi yang dapat memikul beban lalu lintas yang berat sehingga tidak terjadi deformasi seperti gelombang, alur. Kata Kunci : Aspal porus, Karet Gondorukem, Aspal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 06 Apr 2016 05:07
Last Modified: 06 Apr 2016 05:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item