Sri, Marningsih (2018) ANALISA KERUSAKAN DAN KESELAMATAN JALAN (Studi Kasus : Ruas Jalan Panti – Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat). Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (248kB) | Preview |
|
Text (Tesis Utuh)
Tesis Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Jalan merupakan prasarana urat nadi dalam mendukung laju aktifitas perekonomian. Kondisi jalan yang baik akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kecelakaan yang terjadi di jalan raya disamping disebabkan oleh faktor pengemudi juga dipengaruhi oleh kondisi jalan yang ada. Salah satu tahapan dalam memperbaiki kondisi permukaan jalan adalah dengan melakukan penilaian terhadap kondisi eksisting jalan. Salah satu ruas jalan yang sangat penting bagi Kabupaten Pasaman Barat adalah ruas Jalan Panti – Simpang Empat. Ruas ini menghubungkan Kabupaten Pasaman Barat dengan Kabupaten Pasaman yang sebagian besar penduduknya bekerja dibidang jasa, sehingga penting sekali mempertahankan kinerja ruas jalan Panti – Simpang Empat. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis kerusakan perkerasan, menentukan jenis penanganan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi ruas jalan tersebut, dan mengidentifikasi semua potensi permasalahan keselamatan jalan bagi pengguna jalan Panti – Simpang Empat sepanjang 7.22 Km. Penelitian ini dilakukan melalui survey secara visual yaitu dengan cara mengukur panjang, lebar, dalam, setiap jenis kerusakan jalan. Kemudian mengukur geometrik jalan serta mengamati langsung kondisi ruas jalan dengan mengisi formulir checking list sesuai dengan Pedoman Audit Keselamatan Jalan Departemen Pekerjaan Umum Setelah data diperoleh maka dilakukan analisis dengan metode PCI (Pavement Condition Index) dan melakukan Evaluasi terhadap hasil checking list dan mengidentifikasi permasalahan di lapangan /Audit keselamatan jalan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa jenis kerusakan pada ruas jalan Panti – Simpang Empat didominasi oleh Retak Tepi sebesar 35.7%, Tambalan sebesar 15.5%, Alur sebesar 10.9%, Retak memanjang/Melintang sebesar 5.7%, dan Retak Kulit Buaya sebesar 5.4%. Nilai PCI rata-rata pada ruas Jalan Panti – Simpang Empat adalah 68,55 dengan kondisi Fair (Sedang). Jenis Penanganan yang diperlukan pada ruas jalan Panti – Simpang Empat ditinjau dari evaluasi kerusakan jalan adalah Pemeliharaan Berkala (Preventive Maintenance). Hasil Audit Keselamatan Jalan Ruas Panti – Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat menunjukkan bahwa ruas jalan ini sangat berpotensi mengakibatkan konflik lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas seperti tidak tersedianya pemberhentian bus/kendaraan, rambu dan marka jalan yang tidak lengkap, dan lampu penerangan pada malam hari yang tidak memadai. Kata Kunci : Jalan, Jenis Kerusakan Perkerasan, PCI, Keselamatan Jalan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | PURNAWAN, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 teknik sipil |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 15:50 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 15:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43497 |
Actions (login required)
View Item |