GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK TUTORIAL PROBLEM-BASED LEARNING

kenzi, ahmad Hasyaputra (2019) GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK TUTORIAL PROBLEM-BASED LEARNING. Diploma thesis, universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT wtr Kenzi b.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 wtr kenzi.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6 wtr kenzi.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pusta wtr kenzi.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI KENZI FULL revisi bb.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK GAMBARAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS TERHADAP KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK TUTORIAL PROBLEM-BASED LEARNING Oleh Kenzi Ahmad Hasyaputra Diskusi tutorial merupakan hal yang sangat esensial dalam problem-based learning, dengan adanya kelompok tutorial mahasiswa dapat berinteraksi antar anggota kelompok dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap masalah yang dijadikan acuan dari pembelajaran ini. Metode pembelajaran ini telah banyak digunakan dalam bidang pendidikan kedokteran di seluruh dunia dan telah lama diterapkan di Fakutas Kedokteran Universitas Andalas sejak 2004. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap keefektifan diskusi kelompok dalam tutorial pada Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 178 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan Tutorial Group Effectiveness Instrument yang telah di validasi. Hasil analisis univariat menunjukkan , sebagian besar (90,4%) mahasiswa memberikan pernyataan bahwa diskusi kelompok tutorial menurut persepsi mereka adalah efektif. Bila dilihat dari ketiga aspek yang dijadikan dasar penilaian keefektifan, yaitu kognitif, motivasi, dan demotivational, mahasiswa memahami bahwa aspek-aspek tersebut penting untuk meningkatkan efektivitas tutorial PBL dengan masing-masing, 88,2% 94,4%, 69,7%. Secara umum, keefektifan diskusi kelompok tutorial di Program Studi Kedokteran Universitas Andalas adalah efektif. Disarankan kepada mahasiswa dan institusi untuk dapat menjaga keefektifan diskusi tutorial tersebut dan mengantisipasi hal-hal yang dapat memengaruhi berkurangnya efektivitas diskusi tutorial. Kata kunci : Diskusi tutorial, keefektifan, TGEI, dinamika kelompok

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Zelly Dia Rofinda, Sp. PK (K)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 Mar 2019 15:49
Last Modified: 04 Mar 2019 15:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43484

Actions (login required)

View Item View Item