PERBANDINGAN PERSENTASE ELIMINASI BAKTERI PADA CUCI TANGAN ENAM LANGKAH DAN EMPAT LANGKAH PADA MAHASISWA PROFESI DOKTER UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2015

Annisa, Widi Rizkia (2019) PERBANDINGAN PERSENTASE ELIMINASI BAKTERI PADA CUCI TANGAN ENAM LANGKAH DAN EMPAT LANGKAH PADA MAHASISWA PROFESI DOKTER UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
bab penutup.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu tahap kewaspadaan standar yang efektif dalam pencegahan dan pengendalian infeksi terkait pelayanan kesehatan yang tercantum dalam PERMENKES RI no. 27 tahun 2017 ialah mencuci tangan. Mencuci tangan dapat mengurangi bakteri sampai 90%. Sampai saat ini, cuci tangan 6 langkah sesuai standar WHO merupakan metode yang paling efektif dalam mengeliminasi mikroorganisme pada tangan. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan keefektifan dari metode 6 langkah yang merupakan metode mencuci tangan sesuai standar WHO dibandingkan dengan metode 4 langkah yang merupakan modifikasi peneliti terhadap standar WHO. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan posttest and pretest control group design terhadap 12 orang subjek penelitian yang merupakan mahasiswa/i FK UNAND angkatan 2015. Subjek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok: kelompok yang mencuci tangan menggunakan 6 langkah dan 4 langkah. Sampel yang diambil pada 3 area di tangan setiap subjek tersebut. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa rata-rata persentase eliminasi bakteri Bacillus sp. adalah lebih dari 80% pada kedua kelompok. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p>0,05) pada kedua kelompok perlakuan. Namun, hasil rata-rata persentase eliminasi keseluruhan bakteri pada tangan menunjukkan perbedaan yang signifikan (p<0,05) antar kelompok, dimana kelompok yang mencuci tangan menggunakan metode 6 langkah (>75%) lebih tinggi persentase eliminasi bakteri dibandingkan dengan 4 langkah (<45%). Oleh karena itu, mencuci tangan menggunakan 6 langkah sangat efektif dalam mengeliminasi bakteri pada tangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Feb 2019 11:24
Last Modified: 18 Feb 2019 11:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43442

Actions (login required)

View Item View Item