Hubungan Asupan Lemak pada Makanan Ibu dengan Kandungan Lemak Air Susu Ibu pada Ibu Menyusui Eksklusif di Puskesmas Air Dingin Kota Padang

Nashfitriyah, Hidayat (2019) Hubungan Asupan Lemak pada Makanan Ibu dengan Kandungan Lemak Air Susu Ibu pada Ibu Menyusui Eksklusif di Puskesmas Air Dingin Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Makanan terbaik untuk bayi adalah air susu ibu (ASI). Salah satu komponen gizi ASI adalah lemak ASI. Faktor bayi maupun ibu dapat mempengaruhi kandungan lemak. Kandungan lemak ASI tidak selalu sama, tergantung dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan lemak pada makanan ibu dengan kandungan lemak ASI pada ibu menyusui eksklusif di Puskesmas Air Dingin Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2018 dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 41 orang ibu menyusui eksklusif. ASI diperah setelah bayi menyusui 5 menit kemudian data diuji dengan MIRIS Human Milk Analyzer untuk mengetahui total lemak ASI. Asupan lemak ibu dilakukan Repeated 24-h Food Recall. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson dan dinilai bermakna bila nilai p<0.05. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan bermakna antara asupan lemak ibu dengan kandungan lemak ASI (p=0,548 dan r= -0,097) dengan rerata asupan lemak ibu adalah 50,887±27,539 g/hari dan rerata kandungan lemak ASI adalah 3,526±1,305 g/dl. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kandungan lemak ASI tidak tergantung dengan asupan lemak ibu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fitrisia Amelin, SpA, M.Biomed
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 06 Feb 2019 14:58
Last Modified: 06 Feb 2019 14:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43377

Actions (login required)

View Item View Item