POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DISABILITAS BERPRESTASI (Studi Kasus Terhadap Lima Orang Anak Disabilitas yang Berprestasi di SLB N 1 Padang)

Yogi, Rahmadhani Putra (2018) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK DISABILITAS BERPRESTASI (Studi Kasus Terhadap Lima Orang Anak Disabilitas yang Berprestasi di SLB N 1 Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mereka yang disebut anak disabilitas berbeda dengan kebanyakan anak yang normal, karena mereka memiliki kekurangan seperti keterbelakangan mental, kesulitan belajar, keterbatasan fisik, atau memiliki keterbatasan khusus lainnya. Oleh karena itu, bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak disabilitas sangat penting, mengingat adanya berbagai hambatan dalam proses pengasuhan baik dari orang tua maupun hambatan yang dialami oleh anak disabilitas itu sendiri. Siswa SLB Negeri 1 Padang memiliki prestasi nonakademik yang membanggakan dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Pola asuh orang tua tentunya menjadi faktor utama mereka untuk mencapai prestasi. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak disabilitas yang berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan latar belakang sosial dan ekonomi orang tua anak disabilitas yang berprestasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk pola pengasuhan orang tua terhadap anak disabilitas yang berprestasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sample dan dalam pengumpulan data digunakan teknik obervasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah Tindakan Sosial yang dipelopori oleh Max Weber fokusnya pada tindakan rasional intrumental. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Latar belakang sosial dan ekonomi orang tua anak disabilitas yang berprestasi ini diketahui memiliki status sosial ekonomi menengah kebawah, sehingga mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak mereka. Namun mereka mempunyai semangat yang tinggi untuk membuat anaknya tetap maju dalam mencapai masa depan dengan cara memberikan motivasi atau dukungan moril, selain itu kebutuhan untuk bersekolah atau prasarana dan fasilitas, guru, dan kurikulum atau bahan ajar telah didukung oleh sekolah anak-anak mereka yaitu SLBN 1 Padang. 2) Bentuk pola asuh yang digunakan oleh orang tua yang memiliki anak disabilitas berprestasi dalam studi kasus terhadap lima orang anak disabilitas yang berprestasi di SLB N 1 Padang ini yaitu pola asuh demokratis. Hal ini ditandai dengan sikap orang tua kelima anak disabilitas ini yang mau menerima, responsif dan sangat memeperhatikan kebutuhan anak mereka dan juga disertai dengan pembatasan yang terkontrol. Sedangkan untuk dua tipe pola asuh lainnya yakni pola asuh otoriter dan pola asuh permisif tidak ditemukan dalam keluarga kelima anak disabilitas berprestasi ini. Kata kunci : pola asuh orang tua, sosial ekonomi, pola asuh demokratis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Fachrina, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 30 Jan 2019 10:57
Last Modified: 30 Jan 2019 10:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43325

Actions (login required)

View Item View Item