ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. PERTAMINA BERWAWASAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI NAGARI SUNGAI BULUH TIMUR KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Teguh, Putra Pratama (2019) ANALISIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. PERTAMINA BERWAWASAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI NAGARI SUNGAI BULUH TIMUR KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER SKRIPSI DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan inti dan sekaligus tujuan dari setiap pengembangan masyarakat yang menempatkan masyarakat sebagai subyek mandiri. Sebagai proses, pemberdayaan memiliki prinsip-prinsip yang harus dijadikan sebagai pedoman oleh fasilitator pemberdayaan dalam melakukan kegiatannya. Begitu juga halnya dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam CSR yang dilakukan oleh PT. Pertamina semestinya menurut prinsip-prinsip pemberdayaan dalam setiap tahap kegiatan, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan program sehingga tujuan dari pemberdayaan akan tercapai sesuai dengan harapan. Kajian yang terkait dengan penerapan prinsip-prinsip pemberdayaan pada CSR PT. Pertamina ini belum ada dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan program Pemberdayaan Masyarakat dalam CSR PT Pertamina dan menganalisis penerapan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat dalam CSR PT. Pertamina. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Proses perencanaan program dimulai dengan pengajuan proposal oleh masyarakat, pembentukan tim survei, survei lokasi, dan pertemuan dengan masyarakat. Pelaksanaan program pemberdayaan dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan penyuntikan tanaman gaharu, dan pelatihan pembuatan teh gaharu. Penerapan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat dalam CSR PT. Pertamina berada pada kategori sedang (56,76%), artinya prinsip pemberdayaan masyarakat yang diterapkan bernilai cukup dan belum sepenuhnya diterapkan dengan baik. Prinsip pemberdayaan tersebut terdiri dari prinsip kesukarelaan 70% masuk dalam kategori tinggi, prinsip keswadayaan 48,33% dengan kategori sedang, prinsip partisipatif 54,28% dengan kategori sedang, prinsip egaliter 46,67% dengan kategori sedang dan prinsip keterbukaan 80% dengan kategori tinggi. Kata kunci: Pemberdayaan masyarakat, Corporates Social Responsibility (CSR)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ira Wahyuni Syarfi, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Jan 2019 09:28
Last Modified: 29 Jan 2019 09:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43006

Actions (login required)

View Item View Item