Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Mordan Tawas dalam Larutan Tanin Gambir (Uncaria gambir, Roxb.) Terhadap Warna Kayu Sungkai (Peronema canescens, Jack)

Annisa, Rahmi (2019) Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Mordan Tawas dalam Larutan Tanin Gambir (Uncaria gambir, Roxb.) Terhadap Warna Kayu Sungkai (Peronema canescens, Jack). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi mordan tawas dalam larutan tanin gambir terhadap warna kayu sungkai dan untuk mengetahui warna kayu yang paling disukai dengan menggunakan larutan tanin gambir dari perbedaan konsentrasi mordan tawas. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan penambahan tawas terhadap larutan gambir (2%, 2,5%, 3%, 3,5% dan 4%) dan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Pengamatan terhadap hasil pewarnaan pada kayu sungkai yaitu absorbsi zat warna, kadar tanin terikat, pengamatan warna, ketahanan warna pada kayu dan uji hedonik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi mordan tawas dalam larutan tanin gambir berpengaruh nyata terhadap absorbsi zat warna, kadar tanin terikat, warna, ketahanan warna kayu sungkai yang dihasilkan. Nilai absorbsi zat warna dan kadar tanin terikat paling tinggi dihasilkan pada penambahan mordan tawas 4%. Ditinjau dari ketuaan warna dan ketahanan warna terbaik yaitu pada kayu sungkai dengan penambahan tawas 4%. Untuk uji hedonic kayu sungkai, hasil pewarnaan paling disukai terdapat pada penambahan mordan tawas 2,5%. Kata kunci - Uncaria gambir, Roxb; Peronema canescens, Jack; mordan, absorbsi zat warna, tanin terikat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Anwar Kasim
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 24 Jan 2019 16:19
Last Modified: 24 Jan 2019 16:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42669

Actions (login required)

View Item View Item