upaya pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus studi di:SMP N 5 Padang Panjang

Anggun, Ariska (2019) upaya pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus studi di:SMP N 5 Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover abstrack-converted.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I-converted.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB IV-converted.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img] Text (skripsi full texs)
pdfjoiner.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ANGGUN ARISKA, 1410812005, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Sekolah Inklusif: Studi Di SMP Negri 5 Padang Panjang. Pembimbing I Prof.Dr.Afrizal MA, dan Pembimbing II Dra. Nini Anggraini, M.Pd Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang menyatukan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dengan siswa reguler dalam satu kelas. SMP N 5 Padang Panjang dituntut dalam pemenuhan kebutuhan untuk ABK. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya pemenuhan kebutuhan ABK dalam sekolah inklusif di SMP N 5 Padang Panjang. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan kebijakan SMP N 5 Padang Panjang sebagai sekolah inklusif. Kedua, mendeskripsikan implementasi kebijakan di SMP N 5 Padang Panjang. Ketiga mendeskripsikan kendala-kendala sekolahdan guru dalam upaya pemenuhan kebutuhan ABK di SMP N 5 Panjang Panjang. Penelitian dilakukan dengan pedekatan kualitatif. Pemilihan Informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan pengmpulan dokumen. Teori yang digunakan fungsionalisme struktural dari Robert K Merton. Temuan dalam penelitian ini adalah SMP N 5 Padang Panjang mempunyai kebijakan dengan implementasi program seperti pembelajaran individual, literasi dan anti bullying. Kendala yang ditemukan seperti kurangnya tenaga pendidikan guru pendamping ABK, kurangnya pelatihan inklusif dan tingginya aksi bully terhadap ABK. Kata Kunci: Anak berkebutuhan khusus, Pendidikan Inklusif,

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Afrizal. MA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 24 Jan 2019 15:04
Last Modified: 24 Jan 2019 15:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42597

Actions (login required)

View Item View Item