HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN TINDAKAN MENGAJARKAN TOILET TRAINING PADA ANAK DI KELURAHAN KUBU DALAM PARAK KARAKAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2018

Rika, Syubri Dewi (2019) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN TINDAKAN MENGAJARKAN TOILET TRAINING PADA ANAK DI KELURAHAN KUBU DALAM PARAK KARAKAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan abstrak upload oke.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 upload.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII upload.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK upload.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
skripsi utuh rika-watermark (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Januari, 2019 Nama : RIKA SYUBRI DEWI Nomor BP : 1711316028 Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Tindakan Mengajarkan Toilet Training Pada Anak di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Tahun 2018 ABSTRAK Perkembangan yang spesifik pada usia balita dimana terjadi perkembangan otot sfingter yaitu anak mampu menahan atau mengeluarkan feses sesuai keinginannya, sehingga toilet training memiliki peranan penting. Pengetahuan dan sikap merupakan faktor yang dapat mempengaruhi dalam mengajarkan toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan tindakan mengajarkan toilet training pada anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel berjumlah 179 responden dengan pengambilan sampel secara propotional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan yang diadopsi dari Yuanda (2016), kuesioner sikap diadopsi dari Hutomo (2012), dan kuesioner tindakan mengajarkan toilet training diadopsi dari Nuri (2016). Data diolah dan dianalisa dengan tabel distribusi frekuensi kemudian diuji dengan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan lebih dari separuh memiliki pengetahuan tinggi (68,2%), lebih dari separuh memiliki sikap positif (63,7 %), dan lebih dari separuh tindakan mengajarkan toilet training baik (69,8 %), terdapat hubungan signifikan pengetahuan p value = 0,000, sikap p value = 0,003 dengan tindakan mengajarkan toilet training. Diharapkan pelayanan kesehatan untuk melakukan tindakan promotif melalui edukasi kesehatan kepada ibu tentang tindakan mengajarkan anak toilet training. Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Mengajarkan Toilet Training, Anak DaftarPustaka : 36 (2007-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neharta, S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2019 09:47
Last Modified: 24 Jan 2019 09:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42257

Actions (login required)

View Item View Item