Muhammad, Agung Surya (2019) EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI RSUD KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 - PENDAHULUAN)
BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 6 - KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6 - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK SIMRS di RSUD Kota Padang Panjang belum terintegrasi ke semua unit dan masih sering terjadi gangguan dalam implementasi SIMRS di RSUD Kota Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan SIMRS di RSUD Kota Padang Panjang dilihat dari aspek kualitas sistem, kualitas informasi, dan kepuasan pemakai. Penelitian menggunakan desain penelitian kualitatif. Informan penelitian berjumlah 9 orang yang ditentukan melalui teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan telaah dokumen. Pengolahan data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta melakukan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian, pada komponen kualitas sistem : aplikasi SIMRS PILAR cukup mudah digunakan, sumber daya manusia belum mencukupi, terdapat petugas yang memiliki tugas rangkap, belum semua petugas mendapatkan pelatihan, dan ketersediaan hardware, software, dan jaringan belum memadai. Aplikasi PILAR belum bridging dengan BPJS namun waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh informasi lebih cepat dibanding cara manual. Pada komponen kualitas informasi : informasi yang dihasilkan cukup akurat, lengkap, sesuai dengan kebutuhan pengguna, namun masih digunakan informasi dari cara manual, karena belum seluruhnya unit terintegrasi SIMRS. Pada komponen kepuasan pemakai : sebagian besar petugas belum puas dengan pelaksanaan SIMRS. Pelaksanaan SIMRS di RSUD Kota Padang Panjang masih mempunyai kekurangan dan membutuhkan perbaikan baik dari komponen kualitas sistem, kualitas informasi, dan kepuasan pemakai. Disarankan kepada pihak RSUD Kota Padang Panjang untuk menggunakan SIMRS terintegrasi ke seluruh bagian di rumah sakit, mengalokasikan anggaran untuk pembelian komputer, perbaikan jaringan, pengoptimalan SIMRS sesuai dengan Permenkes Nomor 82 tahun 2013. Kata Kunci : SIMRS, kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pemakai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ayulia Fardila Sari Z.A, SKM, MPH |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 11:33 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 11:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42119 |
Actions (login required)
View Item |