Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perniakahan Usia Dini Pada Wanita Usia Subur dan Dampak Psikologis Yang Terjadi DiKAbupaten Pasaman Barat Tahun 2018

Mona, Yolanda (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perniakahan Usia Dini Pada Wanita Usia Subur dan Dampak Psikologis Yang Terjadi DiKAbupaten Pasaman Barat Tahun 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Tesis)
BAB 1 TESIS.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Tesis)
BAB 7 TESIS.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap)
TESIS LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pernikahan dini merupakan permasalahan sosial yang terjadi pada remaja. Di Amerika terdapat, 12% remaja yang melakukan pernikahan dini , sedangkan di Sudan dan Uganda sebagai negara berkembang, angka pernikahan dininya berkisar 69,3% dan 46%. Banyak dampak yang terjadi dari pernikahan dini seperti dampak sosial, kesehatan dan psikologis. Pernikahan dini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti orang tua, individu, kemiskinan, lingkungan dan sosial budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan faktor-faktor tersebut terhadap dampak psikologis pernikahan dini pada remaja di Kabupaten Pasaman Barat tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 204 remaja yang menikah di Kabupaten Pasaman Barat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan analisa data dengan chi-square. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwasanya faktor yang paling dominan berhubungan dengan pernikahan usia dini di Kabupaten Pasaman Barat tahun 2018 adalah pergaulan bebas. Diharapkan dengan penelitian ini dapat menjadi acuan untuk mengembangkan asuhan keperawatan terhadap remaja mengenai pernikahan usia dini. Kata Kunci: Pernikahan Dini, Dampak Psikologis, Remaja.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. YULASTRI ARIF, S.Kp,M.Kep
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 22 Jan 2019 16:26
Last Modified: 22 Jan 2019 16:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42064

Actions (login required)

View Item View Item