Kemampuan Membaca Penderita Disleksia di SLB Muhammadiyah Pauh 9 Padang : Studi Kasus Nesi Viodini

Miftahul, Khair (2019) Kemampuan Membaca Penderita Disleksia di SLB Muhammadiyah Pauh 9 Padang : Studi Kasus Nesi Viodini. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB IV.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Miftahul Khair, 2018 “Kemampuan Membaca Penderita Disleksia Di SLB Muhammadiyah Pauh 9 Padang Studi Kasus:Nesi Viodini”. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Pembimbing I Dr. Gusdi Sastra, M.Hum. dan Pembimbing II Leni Syafyahya, S.S.,M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan membaca penderita disleksia pada NV? dan (2) Apakah jenis disleksia yang dialami oleh NV? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan kemampuan membaca penderita disleksia pada NV, dan (2) Mengetahui jenis disleksia yang dialami oleh NV. Ada tiga metode dan teknik penelitian yang digunakan, yaitu (1) metode dan teknik penyediaan data, (2) metode dan teknik analisis data, dan (3) metode dan teknik penyajian hasil analisis data. Metode dan teknik yang digunakan dalam penyediaan data adalah metode simak dengan teknik dasarnya adalah teknik sadap. Teknik lanjutannya adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik catat, dan teknik rekam. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode observasi naturalistik (naturalistic observation) untuk penyediaan data. Metode dan teknik analisis data yang digunakan ialah metode padan. Metode padan yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan referensial dan metode padan artikulatoris dengan teknik dasarnya yaitu teknik pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutannya adalah hubung banding membedakan (HBB). Metode lain yang digunakan yaitu metode agih. Teknik dasarnya adalah teknik bagi unsur langsung (BUL). Teknik lanjutannya adalah teknik lesap dan teknik baca markah (BM). Adapun dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Berdasarkan hasil analisis data, NV mengalami kesulitan dalam membaca. Ada enam kesulitan membaca yang dialami oleh NV yaitu penambahan (additon), penghilangan (ommision), pembalikkan kiri-kanan (inversion), penggantian (substitusi) yang dibagi menjadi kesulitan pada taraf bunyi dan suku kata. Dua kesulitan lain yang ditemukan yaitu pengubahan lafal dan kesulitan gabungan yang dibagi menjadi gabungan antara penggantian dan penambahan, antara penghilangan dan penambahan, antara penghilangan dan pembalikkan, antara penggantian dan penghilangan. NV juga kesulitan membaca ketika bertemu dengan kata yang memiliki deret konsonan, deret vokal, bunyi [ng], dan bunyi [ny]. Jenis disleksia yang dialami oleh NV adalah dyseidetic. Kata Kunci : kemampuan membaca, psikolinguistik, disleksia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Gusdi Sastra, M.Hum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 23 Jan 2019 15:53
Last Modified: 23 Jan 2019 15:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41950

Actions (login required)

View Item View Item