EKRANISASI NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA KE FILM

Nur, Khodijah (2019) EKRANISASI NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA KE FILM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V (Bab Akhir).pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nur Khodijah. 1310721003. “Ekranisasi Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia ke Film” 2018. Skripsi ini ditulis dengan bimbingan Drs. M. Yusuf, M.Hum. selaku pembimbing I, dan Dra. Armini Arbain, M.Hum. selaku pembimbing II di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Penelitian ini membahas proses novel Pesantren Impan karya Asma Nadia ke film “Pesantren Impian” yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah dengan menggunakan pendekatan ekranisasi. Terdapat beberapa perubahan dan perbedaan antara novel dan film Pesantren Impian. Disebabkan perubahan dan perbedaan tersebut banyak penonton yang kecewa dan memberikan penilaian buruk terhadap filmnya. Perbedaan tersebut terlihat pada tokoh, alur, dan latar. Penelitian dikaji menggunakan ekranisasi. Proses ekranisasi akan mengakibatkan adanya pengurangan, penambahan, dan perubahan. Hal ini terjadi karena novel dan film menggunakan media yang berbeda dalam menyampaikan cerita. Novel menggunakan kata-kata sebagai medianya, sedangkan film menggunkan media audio dan visual. Metode yang digunakan dalam penelitin ini yaitu metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekranisasi yang terjadi pada aspek tokoh, alur, dan latar yaitu adanya penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Penciutan yang dilakukan dalam visualisasi ke bentuk film dikarenakan penghilangan tokoh, cerita, dan latar diambil pada bagian yang tidak berkaitan dengan film. Penambahan tokoh, cerita, dan latar dalam film bermaksud untuk membuat film lebih menarik dengan adanya tokoh dan cerita tambahan yang dimunculkan dalam film. Adapun perubahan bervariasi pada tokoh, alur, dan latar yang dilakukan dalam film tidak banyak terlihat. Setelah dianalisis juga dihasilkan adanya perubahan makna. Kata Kunci: Pesantren Impian, Novel, Film, Ekranisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. M. Yusuf, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 24 Jan 2019 12:34
Last Modified: 24 Jan 2019 12:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41913

Actions (login required)

View Item View Item