Hubungan self efficacy dengan kualitas hidup pasien kanker payudara saat menjalani kemoterapi di RSUP DR. M.DJAMIL Padang tahun 2018

Jerry, Kurnia Sandy (2019) Hubungan self efficacy dengan kualitas hidup pasien kanker payudara saat menjalani kemoterapi di RSUP DR. M.DJAMIL Padang tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JANUARI 2019 Nama : JERRY KURNIA SANDY Bp : 1411311027 HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER PAYUDARA SAAT MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2018 ABSTRAK Kanker payudara merupakan salah satu prevelensi kanker tertinggi di Indonesia dan termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia. Kemoterapi dilakukan untuk membunuh sel kanker dan menghambat penyebaran dari sel kanker tersebut. Namun kemoterapi memiliki efek samping seperti mual muntah, rentan terhadap infeksi, rambut rontok dan efek lainnya yang berengaruh terhadap psikologi penderita sehingga dapat menurunkan kualitas hidup dari penderita kanker payudara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan self efficacy dengan kualitas hidup pasien kanker payudara saat menjalani kemoterapi di RSUP DR. M. Djamil padang. Penelitian dilakukan di unit kemoterapi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Total Sampling dengan sampel sebanyak 47 pasien kanker payudara yang melakukan kemoterapi. Uji yang digunakan yaitu Chi Square dengan tingkat kemaknaan 0,003. Hasil penelitian didapatkan 95% pasien kanker payudara yang melakukan kemoterapi memiliki self efficacy sedang dan kualitas hidup baik. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan kualitas hidup pada pasien kanker payudara yang melakukan kemoterapi. Disarankan kepada perawat atau tenaga kesehatan untuk dapat memberikan perawatan paliatif kepada pasien kanker payudara guna meningkatkan kualitas hidup pasien kanker payudara. Kata Kunci : Kanker Payudara, Kemoterapi, Kualitas Hidup, Self Efficacy Daftar Pustaka: 33 (2013-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Rika Fatmadona, M.Kep, Sp.Kep, MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2019 15:31
Last Modified: 21 Jan 2019 15:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41777

Actions (login required)

View Item View Item