PEMANFAATAN MODAL SOSIAL UNTUK MEMPERTAHANKAN USAHA TAHU TEMPE

RAMA, FIRDAUS (2018) PEMANFAATAN MODAL SOSIAL UNTUK MEMPERTAHANKAN USAHA TAHU TEMPE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB IV kesimpulan saran.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rama Firdaus, 1310812013. Judul Skripsi: Pemanfaatan Modal Sosial Untuk Mempertahankan Usaha Tahu Tempe. Pembimbing I Drs. Rinaldi Eka Putra M.Si, Pembimbing II Dra. Nini Anggraini M.Pd. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. 2018. Dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan langkah untuk mencapai semangat stabilitas ekonomi dan sosial di Asia Tenggara. Disamping itu aspek UMKM menjadi tantangan tersendiri dalam kemajuannya baik itu di internal maupun eksternal UMKM itu. Di Indonesia UMKM menjadi aspek penting dalam pembangunan ekonomi, karena sebagian besar penduduk yang berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik itu tradisional maupun modern. Dalam provinsi Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Tanah Datar ada jenis UMKM yang diminati yaitu usaha tahu tempe. Usaha ini berada di pasar Serikat C Batusangkar yang dapat menunjang perekonomian masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk pemanfaatan kepercayaan antar Pedagang tahu tempe dan Mengidentifikasi bentuk pemanfaatan jaringan antar Pedagang tahu tempe di pasar Serikat C Batusangkar. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial oleh Robert M.Z Lawang. Dalam pandangannya modal sosial memiliki arti penting dalam berinteraksi sosial. Pertama dijelaskan kepercayaan merupakan hal yang terjadi antara dua pihak atau lebih yang mengandung harapan yang saling menguntungkan satu sama lain. Kemudian ada jaringan yang maksudnya pola hubungan yang terjadi dalam prinsip pertukaran sosial, jika sama-sama menguntungkan maka hubungan akan terus berlanjut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pemilihan informan dengan cara purposive sampling dan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini ada beberapa temuan yang didapat pertama tentang bentuk pemanfaatan kepercayaan yang terjadi antar Pedagang tahu tempe. Dimana didalamnya terdapat pemanfaatan diantara sesama Pedagang, antara Pedagang dengan pekerja, Pedagang dengan pelanggan dan Pedagang dengan distributor bahan mentah. Setelah itu ada bentuk pemanfaatan jaringan yang terjadi antar Pedagang tahu tempe. Didalamnya terdapat bentuk pemanfaatan diantara sesama Pedagang, Pedagang dengan pekerja dan Pedagang dengan pelanggan. Kata kunci: Kepercayaan, Jaringan, Pedagang, UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rinaldi Eka Putra M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 21 Jan 2019 15:30
Last Modified: 21 Jan 2019 15:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41773

Actions (login required)

View Item View Item