ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN HERNIORRHAPHY DENGAN APLIKASI AKUPRESUR UNTUK MENGURANGI KECEMASAN DI RUANG BEDAH PRIA RSUP DR.M.DJAMIL PADANG

Prima, Cahyati (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN HERNIORRHAPHY DENGAN APLIKASI AKUPRESUR UNTUK MENGURANGI KECEMASAN DI RUANG BEDAH PRIA RSUP DR.M.DJAMIL PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Hernia scortalis adalah penonjolan isi perut (usus) melalui defek pada lapisan musculo-aponeurotik dinding perut melewati canalis inguinalis dan turun hingga ke rongga scrotum. Masalah yang ditemui yaitu adanya keluhan nyeri pada bagian kemaluan, penurunan nafsu makan dan berat badan serta kecemasan atas tindakan operasi herniografi yang akan dilakukan. Herniorafi merupakan prosedur bedah dengan membuang kantong hernia di sertai tindakan bedah plastik untuk memperkuat dinding perut bagian bawah di belakang kanalis inguinalis. Prosedur pembedahan akan memberikan suatu reaksi emosional bagi pasien, seperti kecemasan pre operasi. Kecemasan adalah suatu sinyal yang menyadarkan; ia memperingatkan adanya bahaya yang mengancam dan memungkinkan seseorang mengambil tindakan untuk mengatasi ancaman. Salah satu teknik untuk mengurangi kecemasan secara non farmakologi yaitu dengan akupresure. Karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan asuhan keperawatan pada pasien dengan Herniografy atas indikasi Hernia Scrotalis Sinistra. Metode penulisan dengan studi kasus dan penerapan Evidance based Nursing Practice (EBNP) terapi akupresur. Prosedur pelaksanaan dengan melakukan asuhan keperawatan, memberikan terapi akupresur, dan mempraktekannya. Hasil pelaksanaan didapatkan penurunan kecemasan dari skor 60 menjadi 30. Disarankan kepada perawat agar dapat melakukan akupresur dalam mengurangi kecemasan pada pasien yang akan melakukan tindakan operasi operasi. . Kata Kunci : Hernia Scrotalis Sinistra, herniorrhaphy, Akupresure Daftar Pustaka : 69 (2000-2017)

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ns. Leni Merdawati, S.kep, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Jan 2019 09:49
Last Modified: 22 Jan 2019 09:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41711

Actions (login required)

View Item View Item