ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU BULLYING MELALUI VIDEO DAN ROLE PLAY DALAM UPAYA MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD N 30 LUBUK LINTAH PADANG TAHUN 2018

Elfa, Aptia (2018) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU BULLYING MELALUI VIDEO DAN ROLE PLAY DALAM UPAYA MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD N 30 LUBUK LINTAH PADANG TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
kti full elfa aptia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Usia sekolah merupakan masa-masa dimana anak-anak memperoleh dasar-dasar pengetahuan untuk diri pada kehidupan dewasanya. Kenakalan pada anak usia sekolah ialah anak cenderung membolos, merokok, mencuri, dan melakukan bullying pada teman sebaya. Untuk kasus bullying Indonesia menjadi Negara dengan peringkat ke dua dalam kejadian bullying (WHO, 2013). Pada siswa SDN 30 Lubuk Lintah ditemukan masalah perilaku bullying, untuk itu perlu adanya penanganan perilaku bullying. Diagnosa yang ditemukan pada siswa adalah defisit kesehatan komunitas. Pendidikan kesehatan tentang perilaku bullying merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap perilaku bullying, menumbukan sikap empatidan asertif pada siswa sehingga dapat menurunkan angka bullying. Dalam karya ilmiah ini penulis melakuan intervensi dengan menggunakan video dan role play pada siswa SDN 30 Lubuk Lintah. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap komunitas dengan perilaku bullying. Karya tulis ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan dengan ashan keperawatan komunitas dengan penddikan kesehatan tentang perilaku bullying melalui video dan role play. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan yang diberikan yaitu terjadi peningkatan pengetahuan pada siswa dan sikap yang positif. Diharapkan pada pihak sekolah ,petugas kesehatan, untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan pada komunitas terutama dalam perilaku bullying agar dapat mencegah perilaku tersebut terhadap anak-anak. Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Bullying

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp., MA.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2019 09:23
Last Modified: 21 Jan 2019 09:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41581

Actions (login required)

View Item View Item