MOTIVASI MAHASISWA AKTIF DALAM UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA (UKM-HIPMI) UNIVERSITAS ANDALAS (Studi kasus : Anggota UKM HIPMI Universitas Andalas)

GAMAL, AQSHODIORA (2018) MOTIVASI MAHASISWA AKTIF DALAM UNIT KEGIATAN MAHASISWA HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA (UKM-HIPMI) UNIVERSITAS ANDALAS (Studi kasus : Anggota UKM HIPMI Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK+COVER.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
pdfjoiner.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK GAMAL AQSHODIORA, 1210812024. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi : Motivasi Mahasiswa Aktif Dalam UKM HIPMI Universitas Andalas Studi : Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas, Pembimbing I Prof. Dr. Damsar, MA dan Pembimbing II Dr. Elfitra S.Sos, M.Si Kewirausahaan merupakan fenomena penting bagi kemajuan dan kesejahteraan dunia saat ini. Perguruan tinggi saat ini memiliki peran yang sangat penting terutama dalam menumbuhkembangkan semangat dan jiwa kewirausahaan. Salah satu organisasi yang bergerak dibidang kewirausahaan yaitu Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Universitas Andalas telah mewadahi mahasiswanya yang ingin berwirausaha dengan adanya HIPMI PT. Unand, oleh sebab itu penelitian ini mengkaji tentang motivasi mahasiswa yang aktif dalam UKM HIPMI di Universitas Andalas. Pertanyaan penelitian ini adalah apa motivasi mahasiswa aktif dalam UKM HIPMI. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi penyebab (Because of Motive) dan motivasi tujuan (In Order to Motive) mahasiswa Universitas Andalas aktif dalam UKM HIPMI. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data berdasarkan wawancara mendalam. Teori yang dipakai adalah teori Fenomenologi Alfred schutz, yang memfokuskan pada motivasi seseorang dalam melakukan suatu tindakan melalui dua motivasi yaitu motivasi penyebab (Because of Motive) dan motivasi tujuan (In Order to Motive). Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, motivasi mahasiswa aktif dalam UKM HIPMI di Universitas Andalas dipicu oleh dua faktor yaitu motivasi penyebab dan motivasi tujuan. Motivasi penyebab mahasiswa aktif di UKM HIPMI adalah karena latar belakang orangtua, mengikuti BBMK di HIPMI, saat pengenalan UKM HIPMI dan mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Motivasi tujuannya yaitu mengasah dan mengembangkan kemampuan berbisnis, keinginan mempunyai usaha sendiri, membangun link dan menambah wawasan serta pengetahuan tentang wirausaha. Kata kunci : Motivasi, Mahasiswa dan Wirausaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ROF. DR. RERZOS DAMSAR, M.A
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 21 Jan 2019 12:33
Last Modified: 21 Jan 2019 12:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41525

Actions (login required)

View Item View Item