Asuhan keperawatan komunitas dengan penerapan metode visual dan demonstrasi dalam penyuluhan kesehatan tentang cuci tangan pakai sabun untuk meningkatkan pengetahuan dan Perilaku hidup bersih dan sehat Di sdn 30 lubuk lintah padang

Tri, Setiawan (2018) Asuhan keperawatan komunitas dengan penerapan metode visual dan demonstrasi dalam penyuluhan kesehatan tentang cuci tangan pakai sabun untuk meningkatkan pengetahuan dan Perilaku hidup bersih dan sehat Di sdn 30 lubuk lintah padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan absrrak.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
3. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
7.Penutup dan kesimpulan.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img] Text (Full teks)
1. Pdf full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Desember 2018 NAMA : TRI SETIAWAN, S.Kep No BP : 1741313035 ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENERAPAN METODE VISUAL DAN DEMONSTRASI DALAM PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SDN 30 LUBUK LINTAH PADANG ABSTRAK Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Perilaku Sehat Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Fokus cuci tangan pakai sabun ini adalah Anak sekolah sebagai “Agen Perubahan” dengan simbolisme bersatunya seluruh komponen keluarga, rumah dan masyarakat dalam merayakan komitmen untuk perubahan yang lebih baik dalam berperilaku sehat melalui cuci tangan pakai sabun. Tujuan laporan ilmiah akhir ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh peningkatan tingkat pengetahuan cuci tangan pakai sabun dan perilaku hidup bersih dan sehat di SDN 30 Lubuk Lintah dengan penerapan penyuluhan dengan metode visual dan demonstrasi. Jenis penelitian case study atau penelitian lapangan (field study). Asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir setelah dilakukan penyuluhan dengan metode visual dan demonstrasi terjadi peningkatan pengetahuan pada siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Disarankan kepada pihak sekolah untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat minimal 1 kali dalam 6 bulan bekerja sama dengan puskesmas setempat. Kata kunci : PHBS, dan Cuci Tangan Pakai Sabun Daftar Pustaka : 20 (2007 – 2015).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp, MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 12:32
Last Modified: 18 Jan 2019 12:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41345

Actions (login required)

View Item View Item