ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ASMA DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERNAPASAN BUTEYKO UNTUK MENGURANGI SESAK NAPAS DAN PENINGKATAN CONTROL PAUSE DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUP DR. M DJAMIL PADANG TAHUN 2018

Nur, Aslinda (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ASMA DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERNAPASAN BUTEYKO UNTUK MENGURANGI SESAK NAPAS DAN PENINGKATAN CONTROL PAUSE DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUP DR. M DJAMIL PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL)
KTI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Asma merupakan gangguan inflamasi pada saluran pernapasan bronkial yang diakibatkan oleh berbagai macam faktor risiko seperti faktor ekstrinsik, dan instrinsik, serta gabungan. Tanda gejala dari asma yaitu batuk, sesak napas, dan bunyi napas mengi/wheezing. Tujuan dari penulisan karya ilmiah akhir ini adalah untuk membahas asuhan keperawatan pada pasien asma dengan penerapan teknik pernapasan Buteyko yang bermanfaat untuk mengurangi sesak napas dan pengontrolan napas. Prosedur pelaksanaan yang dilakukan mengikuti proses keperawatan. Diagnosa yang ditegakkan sesuai dengan hasil pengkajian ialah bersihan jalan napas tidak efektif, pola napas tidak efektif, dan ansietas. Adapun implementasi yang dilakukan yaitu manajemen jalan napas, latihan batuk efektif, monitoring pernapasan, manajemen asma, monitorng tanda-tanda vital, dan pengurangan kecemasan. Penerapan teknik pernapasan Buteyko dilakukan untuk mengatasi masalah yang ditemukan pada pasien. Evaluasi yang diperoleh dari penerapan teknik pernapasan Buteyko yaitu masalah teratasi pada diagnosa pola napas tidak efektif. Hasil yang diperoleh yaitu pengurangan sesak napas dari 36 kali/ menit menjadi 23 kali/ menit. Saran yang diberikan kepada perawat agar dapat menerapkan inovasi Buteyko untuk mengurangi sesak pada pasien asma selama 20 menit setelah pemberian intervensi manajemen jalan napas dan terapi oksigen. Kata kunci : Asma, teknik pernapasan Buteyko, asuhan keperawatan Daftar Pustaka : 54 (2006-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dally Rahman, M.kep, Sp.Kep.MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 12:40
Last Modified: 18 Jan 2019 12:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41341

Actions (login required)

View Item View Item