IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP) PADA PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KOTA PARIAMAN

ANGGA, PERDANA (2018) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP) PADA PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KOTA PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Pariaman serta menganalisis faktor-faktor yang menjadi kendala dalam implementasian UU KIP. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan penyajian data dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan Implementasi UU No 14 Tahun 2008, serta mendeskripsikan faktor penghambat dalam implementasi tersebut. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung, Metode yang digunakan dalam menganalisis fakror-faktor yang mempengaruhi implementasi menggunakana Model kebijakan George C. Edwar III yang dipengaruhi empat variabel yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi serta komunikasi organisasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi bahwa PPID Kota Pariaman dalam menjalankan amanat UU 14 Tahun 2008 tentang KIP belum berjalan dengan optimal, meskipun dari segi peraturan dan petunjuk pelaksana (SOP) sudah memiliki pedoman yang lengkap. Belum optimalnya implementasi UU KIP disebabkan oleh komunikasi terkait sosialisasi peningkatan pemahaman yang belum dilaksanakan secara berkesinambungan bagi anggota PPID, kurangnya sumberdaya manusia dan sumber daya anggaran juga berimbas kepada kecendrungan sikap aparat pelaksana dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, selanjutnya aspek struktur birokrasi, SOP yang ada belum diterapkan berdampak pada lemahnya implementasi keterbukaan informasi publik di Kota Pariaman. Kata Kunci : UU KIP, PPID, Implementasi Keterbukaan Informasi Publik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. ASRINALDI, M.SI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Jan 2019 11:31
Last Modified: 18 Jan 2019 11:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41333

Actions (login required)

View Item View Item