ASUHAN KEPERAWATAN PADA An. N DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN ASUHAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA KELOMPOK REMAJA DI RW 06 KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR

Sonia, Mestika Hernandez (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA An. N DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA REMAJA DAN MANAJEMEN ASUHAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA KELOMPOK REMAJA DI RW 06 KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
KIA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Remaja memiliki tugas perkembangan yang harus dipenuhi untuk mencapai identitas diri agar kelak remaja menjadi individu yang memiliki sense of self yang sesuai dan dapat berperan dilingkungan masyarakat. Dalam mencapai identitas diri paa remaja, diperlukan pemberian edukasi dan stimulasi terhadap remaja dan keluarga terkait perkembangan psikososial. Peran perawat jiwa komunitas sangat berpengaruh terhadap perkembangan remaja, karena intervensi yang diberikan tidak hanya pada individu remaja saja namun pada kelompok remaja. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan usia remaja dan mampu menerapkan manajemen layanan CMHN khususnya pilar IV terkait manajemen asuhan perkembangan psikososial pada remaja. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 8 November sampai 24 November 2018 dan manajemen pelayanan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2018. Hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan adalah klien mengalami peningkatan perkembangan psikososial yaitu remaja mampu menilai diri secara objektif, mampu mengambil keputusan, dapat mengkomunikasiskan ide-idenya dengan baik, lebih menghormati orang tua, meningkatkan ibadahnya dan menyukai hal yang baru. Pada pelaksanaan manajemen pelayanan keperawatan didapatkan hasil adanya perbedaan pengetahuan remaja sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang perkembangan psikososial dengan nilai (P=0.001). Oleh karena itu, disarankan kepada perawat agar melakukan pemberian asuhan secara komprehensif dan berkelanjutan terhadap keluarga dengan anak remaja serta kelompok yang beresiko. Kata Kunci : Psikososial, CMHN, Remaja Daftar Pustaka : 41 (2004-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 10:45
Last Modified: 18 Jan 2019 10:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41266

Actions (login required)

View Item View Item