PENGUJIAN PENGARUH TANAMAN HIJAU TERHADAP RESPON FISIOLOGIS DAN PSIKOLOGIS SISWA SEKOLAH (Studi Kasus: SMP Negeri 14 Kota Padang)

REZA, ANGRIAWAN (2018) PENGUJIAN PENGARUH TANAMAN HIJAU TERHADAP RESPON FISIOLOGIS DAN PSIKOLOGIS SISWA SEKOLAH (Studi Kasus: SMP Negeri 14 Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
3. Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
5. Tugas Akhir Ilmia Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rasa nyaman sangat berpengaruh terhadap aktivitas manusia, baik aktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Kenyamanan ruang belajar juga harus diperhatikan demi meningkatkan prestasi belajar siswa. SMPN 14 kota Padang memiliki iklim ruang belajar yang belum baik. Penggunaan tanaman hijau sebagai usaha peningkatan kenyamanan ruangan dinilai lebih ramah lingkungan dan ekonomis. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengujian tanaman hijau terhadap respon fisiologis dan psikologis siswa sekolah menengah pertama serta pengaruh tanaman hijau terhadap kondisi udara ruang kelas di SMP Negeri 14 kota Padang. Penelitian dilakukan dengan menempatkan tanaman hijau di ruang kelas. Terdapat tiga perlakuan yang dibedakan dari jumlah tanaman hijau yang diberikan. Perlakuan tersebut adalah 16 tanaman hijau, 8 tanaman hijau, dan tanpa tanaman hijau. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui pengaruh tanaman hijau terhadap kondisi udara ruang kelas (temperatur udara, kelembaban udara, kadar oksigen dan kadar karbondioksida), respon fisiologis (denyut nadi, nilai attention dan nilai meditation) dan respon psikologis (tingkat perasaan kelelahan kerja) responden. Data hasil pengukuran diolah dengan menggunakan metode-metode statistik untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap variabel terukur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dari penempatan tanaman di ruang kelas terhadap kadar oksigen dan kadar karbondioksida di dalam ruangan. Pengukuran terhadap responden juga memiliki pengaruh signifikan dari penempatan tanaman hijau di ruang kelas terhadap perubahan nilai attention dan meditation serta tingkat perasaan kelelahan kerja. Kata Kunci: Kualitas Udara Ruangan, Respon Fisiologis, Respon Psikologis,

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Desto Jumeno
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 17 Jan 2019 10:37
Last Modified: 17 Jan 2019 10:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41084

Actions (login required)

View Item View Item