RESPON BEBERAPA VARIETAS JAGUNG (Zea mays L.) PADA TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA)

Rahma, Deni Syafitri (2018) RESPON BEBERAPA VARIETAS JAGUNG (Zea mays L.) PADA TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak PDF.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
KARYA ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat interaksi antara dosis FMA dengan varietas jagung pada tanah bekas tambang batubara dan mendapatkan dosis Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) terbaik serta untuk mendapatkan varietas jagung yang memiliki pertumbuhan dan hasil yang tinggi untuk ditanam pada tanah bekas tambang batubara. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret 2018 sampai bulan Juni 2018 di UPT Kebun Percobaan dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Limau Manis, Padang. Penelitian ini dilakukan menggunakan faktorial dua faktor dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama terdiri atas 6 taraf perlakuan sedangkan faktor ke dua terdiri atas 4 taraf perlakuan dan 3 ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5% dan jika F hitung lebih besar dari F tabel 5%, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Peubah yang diamati adalah persentase akar terinfeksi FMA pada masa vegetatif dan saat panen, tinggi tanaman, tinggi letak tongkol, umur mucul bunga jantan dan betina, umur panen, jumlah tongkol per tanaman, panjang tongkol, diameter tongkol dan bobot biji per tanaman. Terdapat interaksi antara pemberian dosis mikoriza dan varietas jagung terhadap persentase akar terinfeksi FMA, tinggi tanaman, tinggi letak tongkol, umur muncul bunga betina, panjang tongkol, diameter tongkol, bobot biji per tanaman serta produksi tanaman per hektar. Dosis 25 gram FMA merupakan dosis terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung dengan rata-rata produksi 12,7 ton/ha terdapat pada varietas Bisi-2 pada tanah bekas tambang batubara. Kata kunci : Tanah Bekas Tambang Batubara, Fungi Mikoriza Arbuskula, Varietas Jagung, Dosis.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Benni Satria, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 17 Dec 2018 15:39
Last Modified: 17 Dec 2018 15:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40706

Actions (login required)

View Item View Item