ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN ITIK PEDAGING (Studi Kasus Peternakan Bapak Zelmianto di Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang)

ANISA, PUTRI UTAMA (2018) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETERNAKAN ITIK PEDAGING (Studi Kasus Peternakan Bapak Zelmianto di Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER 12.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKI.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan pada peternakan Bapak Zelmianto di Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto Kecematan Koto Tangah Kota Padang pada bulan April sampai dengan Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aspek teknis pada peternakan itik pedaging Bapak Zelmianto dan mengetahui pendapatan usaha peternakan itik pedaging Bapak Zelmianto. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus (case study). Variabel yang diamati bibit, pakan, kandang, sistem pemeliharaan, vaksin dan obat-obatan, penerimaan, biaya produksi, pendapatan, R/C, dan BEP. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aspek teknis pada peternakan itik pedaging Bapak Zelmianto bibit yang digunakan adalah bibit itik raja, pakan yang digunakan adalah pakan ayam broiler 511 dan pakan olahan sendiri yaitu dedak, ampas tahu, ampas kelapa dan isi perut ikan. Kandang yang digunakan merupakan kandang pekarangan, sistem pemeliharaan cukup baik, dan pengendalian penyakit menggunakan vitamin EM4.. Pendapatan peternakan pada periode 17 Februari sampai 27 April 2018 Rp 3.378.381, dengan R/C sebesar 1,3. Break Even Point (titik impas) peternakan ini tercapai pada penjualan itik sebanyak 124 ekor atau setara dengan Rp4.334.616. Kata kunci : itik pedaging, aspek teknis, pendapatan, ratio R/C,BEP

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Jafrinur, MSP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Oct 2018 11:23
Last Modified: 25 Oct 2018 11:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40220

Actions (login required)

View Item View Item