ANALISIS DETERMINAN FAKTOR PELATIHAN TERAHADAP PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2018

Eliza, Eliza (2018) ANALISIS DETERMINAN FAKTOR PELATIHAN TERAHADAP PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
REPOSITORY ELIZA - 1.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
REPOSITORY ELIZA - 2.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vii)
REPOSITORY ELIZA - 3.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
REPOSITORY ELIZA - 4.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
Logo Unand.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Kebutuhan terhadap data/informasi yang akurat makin meningkat namun ternyata sistem informasi saat ini masih belum dapat menghasilkan data yang akurat, lengkap dan tepat waktu. Pelaksanaan sistem informasi Puskesmas masih belum maksimal dilakukan di lapangan. Hal ini berakibat pada akurasi data yang masih kurang. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif desain cross sectional. Bertujuan untuk mengetahui determinan faktor penerapan sistem informasi manajemen Puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman yang dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 31 Mei 2018 dengan cara angket dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian adalah seluruh petugas pengolah data SIMPUS di Kabupaten Padang Pariaman dengan jumlah 201 orang, sampel diambil dengan teknik proportional random sampling berjumlah 134 orang. Hasil penelitian menggunakan uji chi square didapati ada hubungan yang bermakna antara pelatihan dengan penerapan SIMPUS. Keterampilan petugas merupakan faktor yang paling dominan berhubungan dengan penerapan SIMPUS di Kabupaten Padang Pariaman. Diharapkan pihak manajemen Puskesmas menyusun strategi untuk meningkatkan keterampilan petugas pengolah datanya, misalnya dengan melakukan sosialisasi, supervisi dan diskusi bersama yang dilakukan oleh sesama petugas pengolah data di Puskesmas.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp. MN, PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 19 Oct 2018 17:40
Last Modified: 19 Oct 2018 17:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39749

Actions (login required)

View Item View Item