Survey Tingkat Penerapan Teori dan Metodologi Perencanaan Biaya dan Jadwal DI Industri Konstruksi Studi Kasus:Kontraktor di Sumatera Barat

Rahmi, Meliza Annur (2018) Survey Tingkat Penerapan Teori dan Metodologi Perencanaan Biaya dan Jadwal DI Industri Konstruksi Studi Kasus:Kontraktor di Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK& COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
14109921019_RAHMI MELIZA ANNUR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Makalah ini melaporkan hasil penelitian tugas akhir tentang seberapa banyak bagian-bagian dari perencanaan biaya dan jadwal diterapkan oleh industri konstruksi baik skala kecil, menengah dan besar. Perencanaan biaya dan jadwal merupakan bagian dari manajemen proyek konstruksi. Selain penilaian dari segi kualitas, perencanaan biaya dan jadwal proyek dapat pula dinilai dari segi proses perencanaan. Biaya dan waktu yang telah dikeluarkan serta digunakan dalam penyelesaian suatu pekerjaan yang arus diukur secara berkelanjutanuntuk mengetahui penyimpangannya terhadap rencana proyek. Adanya penyimpangan biaya dan penjadwalan yang signifikan mengidentifikasi pengelolaan proyek yang buruk. Dengan adanya indikator prestasi proyek dan segi biaya dan penjadwalan ini memungkinkan pencegahan agar pelaksanaan proyek berjalan sesuai dengan rencana. Penelitian ini menggunakan metodologi statistik dengan basis survey lapangan untuk menemukan jumlah persentase penerapan perencanaan biaya dan jadwal proyek. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa Kontraktor-kontraktor yang ada dikota padang dalam Proses perencanaan biaya dan jadwal biaya proyek dikategorikan baik, tiga puluh tujuh koma lima persen kontraktor yang menerapkan seratus persen perencanaan biaya sesuai dengan teori dan ilmu yang mutakhir karna hal-hal terpenting dari perencanaan semua dilakukan oleh kontraktor, yaitu dengan cara mulai dari pekerjaan persiapan dan pengecekan gambar, membuat dan menentukan harga satuan pekerjaan, perhitungan volume, dan pembuatan biaya rekapitulasi (BOQ). Masih kecilnya penerapan perencanaan jadwal oleh delapan kontraktor karana tidak ada kontraktor yang menerapkan seratus persen perencanaan jadwal sesuai ilmu yang mutakhir. Berdasarkan kualifikasi kelas kontraktor, Semakin tinggi kualifikasi kontraktor semakin baik penerapan ilmu perencanaan biaya dan jadwal proyek konstruksi. Kata Kunci: Proses, Perencanaan, Biaya, Jadwal, Kontraktor, persentase, mutakhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. BAMBANG ISTIJONO, M.E
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:16
Last Modified: 19 Oct 2018 10:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39183

Actions (login required)

View Item View Item