moch, syawaluddin fatra (2018) STUDI OPERASIONAL ANGKUTAN BARANG DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 Penutup)
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (30kB) | Preview |
|
Text (skripsi fulltext)
Tugas Akhir Ilmiah Utuhh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Abstrak Peningkatan pergerakan lalu lintas di Kota Padang berbanding lurus dengan peningkatan kemacetan pada ruas jalan yang ada di Kota Padang. Arus pergerakan lalu lintas yang terjadi merupakan kombinasi yang kompleks antara pergerakan internal dan pergerakan eksternal. Peningkatan pada sektor perangkutan ditandai dengan semakin besarnya arus barang yang diangkut dengan berbagai dimensi kendaraan barang dari pelabuhan Teluk Bayur menuju ke pusat perdagangan. Aturan tonase yang berlaku saat ini di Kota Padang, menyebabkan angkutan truk hanya bisa membawa sepertiga muatan dibandingkan sebelum aturan itu diterapkan. Untuk itu perlu dikembangkan suatu pola distribusi barang yang baik agar barang dapat terdistribusi tepat waktu pada penyerahannya. Sebagai upaya mendukung pelaksanaan sistem pengangkutan yang efektif dan efisien, maka perlu kebijaksanaan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti pembuatan kebijakan angkutan barang dan peningkatan prasarana yang kesemuanya diarahkan untuk penyelenggaraan angkutan barang dengan lancar, selamat, aman, dan cepat. Berlatar belakang dari hal di atas, maka diperlukan suatu kajian mengenai Distribusi Pergerakan Angkutan Barang di Kota Padang. Studi ini merupakan bagian penting dalam perencanaan transportasi, karena melalui ini akan diketahui bagaimana karakteristik operasional, pengaruh angkutan barang terhadap kinerja ruas jalan, dan pola pergerakan angkutan barang di Kota Padang.Penelitian ini menganalisa karakteristik angkutan barang di Kota Padang serta Untuk menganalisa kinerja angkutan barang di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan survey langsung pada lokasi dengan wawancara dan pengisian kuisoner. Hasil penelitian ini Karakteristik angkutan barang yang diangkut dikota Padang Rata-rata barang yang diangkut berasal dari kota Padang dengan persentase mencapai 79% berupa bahan-bahan kontruksi/bangunan. Barang-barang bahan kontruksi tersebut berasal dari kota Padang dengan persentase 46%. Tujuan pengiriman barang dari kota Padang dominan menuju kota Medan dan Kota Pekanbaru dengan Persentase 15% dan 9%. Berat barang dalam pengiriman barang tersebut rata-rata seberat 20 ton, yaitu 150% dari JBI yang diizinkan. Rata-rata pengalaman supir angkutan barang adalah 11-20 tahun dengan persentase 68% dan kelengkapan surat 100%. Kata kunci: kriteria, karakteristik. operasional
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | PURNAWAN, Ph.D |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 16:15 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 16:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39093 |
Actions (login required)
View Item |