Cara - Cara Pemilik Kafe Dalam Mempertahankan Pelanggan Studi Terhadap Tiga Kafe (Bengras Kopi, Alvanza Foodcourt, dan Spassbox)

Mechi, Ristolina Adha (2018) Cara - Cara Pemilik Kafe Dalam Mempertahankan Pelanggan Studi Terhadap Tiga Kafe (Bengras Kopi, Alvanza Foodcourt, dan Spassbox). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MECHI RISTOLINA ADHA. BP 1310811022. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Judul Skripsi: Cara-Cara Pemilik Kafe dalam Mempertahankan Pelanggan: Studi Terhadap Tiga Kafe (Bengras Kopi, Alvanza Food Court dan Spass Box) di Sekitar Kampus Universitas Andalas Limau Manis, Kota Padang. Pembimbing I: Drs.Rinaldi Ekaputra, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Elfitra, M.Si. 98 Halaman. Kafe merupakan suatu perkembangan dari warung kopi yang merupakan tempat untuk menikmati makanan dan minuman. Namun sekarang kafe difungsikan sebagai tempat berkumpul bagi orang yang ingin menggunakan kafe sebagai tempat untuk berkumpul dan melakukan kegiatan. Kafe hadir dengan berbagai macam konsep yang dibangun oleh pemilik atau manajer. Manajer membuat konsep dan ide yang menarik untuk membangun kafe agar dapat menarik perhatian pelanggan. Banyaknya kafe yang bermunculan dengan konsep yang berbeda dapat menarik perhatian dan minat pelanggan untuk mendatangi kafe. Oleh sebab itu bagi kafe yang tidak mampu mempertahankan pelanggan menyebabkan kehilangan pelanggan dan tutup. Namun ada tiga kafe di sekitar kampus Universitas Andalas semenjak berdiri hingga sekarang masih tetap ada dan ramai pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional yang dikemukakan oleh Coleman. Pendekatan metode yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi non-partisipan dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling (disengaja). Lokasi penelitian dilakukan di tiga kafe yang ada di sekitar kampus Universitas Andalas Limau Manis Kota Padang. Dari penelitian ini ditemukan ada perbedaan dari tiga kafe berdasarkan karakteristik yang dimunculkan dan perbedaan pada cara-cara manajemen kafe dalam mempertahankan pelanggan. Karakter kafe pertama, Bengras Kopi (warung kopi klasik) serta cara dalam mempertahankan pelanggan: tidak menyediakan fasilitas Wi-Fi, konsisten terhadap citra rasa kopi yang khas. Kedua, Alvanza Food Court (Pujasera) serta cara mempertahankan pelanggan: menyediakan ruang atau tempat, mempertahankan kualitas rasa makanan dan minuman dan menyediakan fasilitas nonton bareng. Ketiga, Spass Box (eat+play=fun) cara dalam mempertahankan pelanggan: mendesain interior dan eksterior yang menarik, memberikan diskon makanan dan minuman, memberikan pelayanan yang ramah, mengadakan perlombaan dan event tertentu. Kata Kunci: kafe, karakteristik, mempertahankan pelanggan, teori pilihan rasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rinaldi Eka Putra, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:27
Last Modified: 18 Oct 2018 16:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39053

Actions (login required)

View Item View Item