STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH KONTRIBUSI LEMBARAN CFRP PEMASANGAN SUDUT 45˚ TERHADAP KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG

Satria, Mudana (2018) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH KONTRIBUSI LEMBARAN CFRP PEMASANGAN SUDUT 45˚ TERHADAP KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran))
3.BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4.Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img] Text (Full Version)
5.Full Version.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Abstrak Setiap bangunan mungkin saja akan mengalami kerusakan struktur beton bertulang. Kerusakan struktur beton bertulang dapat saja terjadi akibat umur struktur atau akibat perubahan fungsi bangunan ataupun akibat bencana alam. Kebanyakan struktur yang rusak akan langsung dibongkar tanpa mempertimbangkan kemungkinan perbaikan atau perkuatan struktur. Padahal hal tersebut merupakan salah satu cara yang cukup efektif. Salah satu cara perkuatan struktur tersebut adalah menggunakan lembran CFRP. Perkembangan Fiber Reinforced Polymer (CFRP) telah membuka peluang baru untuk keperluan perbaikan atau perkuatan struktur beton bertulang. CFRP merupakan material yang sangat menjanjikan untuk digunakan dalam perkuatan struktur beton bertulang. Material ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk digunakan sebagai perkuatan eksternal karena berat yang ringan, tahan korosi, dan memiliki kekuatan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontribusi lembaran CFRP pemasangan sudut 45˚ terhadap kapasitas geser balok beton bertulang. Sampel dalam penelitian ini jumlah tulangan tarik baloknya divariasikan (2D13, 3D13, 5D13). Benda uji yang digunakan berjumlah 6 balok dengan identifikasi 3 balok dengan perkuatan lembaran CFRP yang dipasang pada permukaan balok dengan sudut 45˚ (BLS-01SM, BLS-02SM, BLS-03SM), dan 3 balok tanpa perkuatan lembaran CFRP (BCS-01S, BCS-02S, BCS-03S). Untuk memperoleh kuat geser balok beton bertulang tanpa sengkang, balok dibebani sampai melebihi kapasitas ultimit secara terus menerus dengan dua beban terpusat. Nanti akan dibandingkan kuat geser balok tanpa sengkang dengan balok tanpa sengkang dengan perkuatan lembaran CFRP. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, apabila dibandingkan hasil pengujian balok tanpa sengkang dengan balok tanpa sengkang yang diberi perkuatan lemabran CFRP menunjukkan peningkatan kapasitas geser sebesar 61,49% untuk benda uji BLS-01SM, 81,52% untuk benda uji BLS-02SM, 121,06% untuk benda uji BLS-03SM. Disini juga dapat dilihat semakin besar rasio tulangan yang diberikan maka semakin besar kapasitas geser balok yang dihasilkan. Terjadi kerusakan pada balok yang diberi perkuatan disebabkan oleh lepasanya ikatan antara lembaran CFRP dengan permukaan beton yang mengakibatakan kontribusi lembaran CFRP pada balok tidak bekerja secara maksimal. Dari data diatas secara umum dapat disimpulkan bahwa perkuatan dengan lembaran CFRP pemasangan sudut 45˚ memberikan kapasitas geser yang sangat besar daripada balok tanpa perkuatan. Kata kunci: Studi Eksperimental, Balok Beton Bertulang Tanpa Sengkang, Rasio Tulangan Tarik, Kapasitas Geser, Perkuatan lembaran CFRP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RENDY THAMRIN, Dr.Eng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:03
Last Modified: 18 Oct 2018 17:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39002

Actions (login required)

View Item View Item