PENGARUH EMPATI TERHADAP PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULER KEPADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP INKLUSI BUKITTINGGI (SMP NEGERI X BUKITTINGGI)

Hurriatul, Khamsina Hadi (2018) PENGARUH EMPATI TERHADAP PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULER KEPADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP INKLUSI BUKITTINGGI (SMP NEGERI X BUKITTINGGI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Hambatan siswa berkebutuhan khusus dalam mengakses pendidikan berada pada penerimaan sosial siswa berkebutuhan khusus. Penerimaan sosial kepada siswa berkebutuhan khusus didefinisikan sebagai segala aktifitas siswa normal terhadap siswa berkebutuhan khusus sebagai anggota dalam suatu kelompok. Menurut Davis, empati merupakan reaksi dari seseoraang dalam mengamati pengalaman-pengalaman orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh empati terhadap penerimaan sosial siswa reguler kepada siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri X Bukittinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa reguler di SMP Negeri X Bukittinggi, dengan menggunakan proportionate stratified random sampling, didapatkan sampel sebanyak 286 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Interpersonal Reactivity Index (IRI) oleh Davis untuk mengukur empati dan skala penerimaan sosial dari Arslan dan Shahbaz untuk mengukur penerimaan sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus. Analisis data dilakukan dengan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh empati terhadap penerimaan sosial siswa reguler kepada siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 4 Bukittinggi. Empati memberikan sumbangan sebesar 23,5% terhadap penerimaan sosial kepada siswa berkebutuhan khusus dan sisanya 76,5% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa empati di SMP Negeri X Bukittinggi berada pada kategori tinggi dan penerimaan sosial kepada siswa berkebutuhan khusus berada pada kategori tinggi. Kata kunci : empati, penerimaan sosial, siswa ABK

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YANTRI MAPUTRA, M.Ed., Ph.D
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:55
Last Modified: 19 Oct 2018 12:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38926

Actions (login required)

View Item View Item