POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA (Studi kasus : Anak tenaga kerja indonesia Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci)

Hafiz, Hafiz (2018) POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA (Studi kasus : Anak tenaga kerja indonesia Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
tugas akhir ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK HAFIZH, 1110812012. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Skripsi ini berjudul : “POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA TENAGA KERJA INDONESIA (Studi Kasus : Anak Tenaga Kerja Indonesia Di Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci). Jumlah Halaman Skripsi 67 lembar. Pembimbing I Dra. Dwiyanti Hanandini, M.Si dan Pembimbing II Dra. Fachrina, M.Si. Kasus yang diteliti berkaitan dengan orangtua yang bekerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri. Bagi orangtua yang menjadi TKI di luar negeri harus berpisah dengan anak-anaknya yang tetap tinggal di kampung halaman. Untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anak yang tinggal di kampung halaman, anak-anak dititipkan pada keluarga kerabat (seperti kakek, nenek, paman dan bibi) untuk mengasuh mereka. Peran orangtua yang seharusnya sebagai “agent of social control“ terhadap anak. Peran tersebut sebagai cara pengendalian sosial dan mewujudkan pengendalian sosial terhadap anak. Faktor ekeonomi dan meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga, anak harus hidup berpisah dalam jangka waktu yang lama dengan orangtua. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan peran keluarga dalam pengasuhan anak TKI dan pola pengasuhan anak pada keluarga TKI. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial yang dikembangkan oleh Max Weber. Untuk melihat peranan keluarga dalam pengasuhan anak TKI, Weber menjelaskan cara memahami motif dan tindakan dengan coba mengenang dan menyelami pengalaman informan. Ada 4 pola pengasuhan anak yaitu, pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif/memanjakan dan pola asuh cuek/penelantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian yang bersifat deskriptif untuk memberikan gambaran yang terperinci dari suatu masalah sosial yang terjadi. Dalam pengumpulan data dilakukan obsevasi dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling (secara sengaja). Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa pola pengasuhan anak pada keluarga TKI di Kecamatan Air Hangat Timur terdapat pola asuh yang mengarah demokratis dan permisif. Interaksi yang hangat secara kekeluargaan antara pengasuh dan anak, hal ini dikarenakan adanya hubungan kekerabatan dekat diantara mereka. Peran orangtua yang seharusnya vital untuk anak bisa digantikan dengan baik oleh pengasuh dengan mengajarkan kemandirian dan kedisiplinan pada anak. Kata Kunci : Pola pengasuhan, Anak, TKI

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Dwiyanti Hanandini, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:45
Last Modified: 18 Oct 2018 09:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38887

Actions (login required)

View Item View Item