Hubungan Dukungan Suami dengan Kualitas Hidup Pasien Kanker Serviks yang Menjalani Kemoterapi di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Ingga, Afriona (2018) Hubungan Dukungan Suami dengan Kualitas Hidup Pasien Kanker Serviks yang Menjalani Kemoterapi di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kanker serviks merupakan neoplasma ganas yang banyak diderita oleh wanita Indonesia. Salah satu pengobatan untuk kanker serviks adalah kemoterapi. Pengobatan ini memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi kualitas hidup. Oleh karena itu, dalam upaya membantu meningkatkan kualitas hidup, pasien membutuhkan dukungan dari suami. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan dukungan suami dengan kualitas hidup pasien kanker serviks yag menjalani kemoterapi di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi adalah pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi dengan jumlah sampel 33 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian dimulai pada tanggal 29 Agustus - 11 September 2018 dengan menggunakan kuesioner dukungan suami dan kuesioner WHOQOL-BREF. Analisa data univariat ditampilkan dengan tabel distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Square Test. Pada penelitian ini didapatkan sebagian besar responden (60,6%) memilki dukungan suami baik dan hampir seluruh responden (81,8%) memiliki kualitas hidup baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara dukungan suami dengan kualitas hidup pasien kanker serviks yang menjalani kemoterapi dengan nilai p-value 0,025 (<0,05). Oleh karena itu, diharapkan perawat lebih memotivasi keluarga terutama suami untuk terus memberikan dukungan pada istri yang sedang menjalani kemoterapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.VettyPriscilla, S.Kep, M.kep, Sp.Mat, MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 14:53
Last Modified: 18 Oct 2018 14:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38688

Actions (login required)

View Item View Item