HUBUNGAN STATUS KEPARAHAN KARIES DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 22 ANDALAS KOTA PADANG

Chelsy, Ismael (2018) HUBUNGAN STATUS KEPARAHAN KARIES DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK USIA 11-12 TAHUN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 22 ANDALAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karies merupakan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling banyak diderita oleh anak-anak. Karies yang tidak dirawat akan menyebabkan rasa nyeri dan mengganggu aktivitas yang akan mempengaruhi kualitas hidup anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan Hubungan Status Keparahan Karies Dengan Kualitas Hidup Pada Anak Usia 11-12 Tahun di Sekolah Dasar Negeri 22 Andalas Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik obsevasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 55 orang anak usia 11-12 tahun di Sekolah Dasar negeri 22 Andalas di Kota Padang dan dipilih dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemeriksaan gigi dan dilanjutkan dengan wawancara menggunakan kuisioner Child-Oral Impact on Daily Performance (Child-OIDP). Analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukan 15.6% responden menderita PUFA negatif memiliki kualitas hidup yang buruk dan 60.9% responden yang menderita PUFA positif memiliki kualitas hidup buruk. Hasil uji statistik menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan status keparahan karies dengan kualitas hidup pada anak usia 11-12 tahun di sekolah dasar negeri 22 andalas kota padang, dengan nilai p=0,001. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat adanya hubungan status keparahan karies dengan kualitas hidup pada anak usia 11-12 tahun. Kata kunci : Status keparahan karies, kualitas hidup, indeks PUFA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 17 Oct 2018 15:25
Last Modified: 17 Oct 2018 15:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38675

Actions (login required)

View Item View Item