PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEMENUHAN NUTRISI SEHAT PADA REMAJA DI MAN 1 KOTA PADANG

irene, pradita (2018) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEMENUHAN NUTRISI SEHAT PADA REMAJA DI MAN 1 KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRACT)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NURSING FACULTY ANDALAS UNIVERSITY OKTOBER 2018 Name : Irene Pradita Student ID Number : 1411311001 The Effect of Health Education Using Peer Educational Method on Knowledge and Attitude Related to Fulfillment of Health Nutrition For Adolescents in MAN 1 Padang ABSTRACT Nutrition Fulfillment is a major element in health education that should have known by teenegers because if they don’t, it might cause some nutritional problems. Health education could be done through peer education methode which involve peers to increase knowledge, group member skills especially in the health aspect. The purpose of this study was to determine the effect of health education using peer educational method on knowledge and attitude related to fulfillment of health nutrition for adolescents in MAN 1 Padang. This study used a Quasi Experiment design with One-group Pre-Post approach using a sample of 72 students in grade X, XI, XII. The instrument used in this study is a questionnaire about nutrition knowladge and attitude. The data was analyzed by using wilcoxon test with results for knowledge obtained a significant difference at mean for pre peer education given at 12,72 and post peer education accounted for 16,29 this result is related with knowledge result with which values p= 0,000 ; p < 0,05 , for attitude with action have a different mean in pre education peer accounted for 39,63 and 50,21 for post peer education, this is relevant for the attitude values as p = 0,000; p<0,05 this means that peer education have a certain influence on nutrition fulfillment in groups, making students gain their knowledge which could give positive impact to their attitude. It is nope that schools are able to facilitate the peer education program to improve the knowledge and attitude of its students regarding nutrition fulfillment. Keywords: Health education, knowledge, attitude, Fulfillment of Health Nutrition, Adolescents References : 46 (2007-2018) FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS OKTOBER 2018 Nama : Irene Pradita No. Bp : 1411311001 Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Education Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pemenuhan Nutrisi Sehat Pada Remaja Di MAN 1 Padang ABSTRAK Pemenuhan nutrisi jadi aspek penting dalam pendidikan kesehatan untuk perlu diketahui oleh remaja karena jika tidak akan berdampak pada timbulnya masalah gizi. Pendidikan kesehatan yang bisa dilakukan adalah metode peer education yang melibatkan teman sebaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan bagi anggota kelompok terutama dalam bidang kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode peer education terhadap pengetahuan dan sikap tentang pemenuhan nutrisi sehat pada remaja di MAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan One-Group Pre-Post Test dengan sampel yaitu 72 orang peserta didik kelas X, XI, XII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tentang pengetahuan dan sikap pemenuhan nutrisi. Data dianalisis menggunakan, uji Wilcoxon dengan hasil untuk pengetahuan diperoleh perbedaan rata-rata sebelum diberikan peer education yaitu 12,72 dan setelah diberikan peer education menjadi 16,29 hal ini signifikan dengan nilai pengetahuan p = 0,000; P < 0,05, untuk sikap dengan tindakan diperoleh perbedaan rata-rata sebelum diberikan peer education 39,63 dan setelah diberikan peer education menjadi 50,21 hal ini signifikan dengan nilai sikap p = 0,000; p < 0,05 ini berarti peer education mempengaruhi terhadap sikap pemenuhan nutrisi secara berkelompok membuat peserta didik memperoleh pengetahuan yang akan berdamak positif pada sikapnya. Sangat diharapkan sekolah untuk memfasilitasi program peer education untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja mengenai pemenuhan nutrisi. Kata kunci : Peer Education, Pengetahuan, Sikap, Pemenuhan Nutrisi DaftarPustaka : 46 (2007-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Susmiati, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Oct 2018 16:42
Last Modified: 17 Oct 2018 16:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38661

Actions (login required)

View Item View Item