ANALISIS HUBUNGAN PELAKSANAAN FUNGSI PENGARAHAN KEPALA RUANGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RS TINGKAT III Dr. REKSODIWIRYO PADANG

Shanti, Dafris (2018) ANALISIS HUBUNGAN PELAKSANAAN FUNGSI PENGARAHAN KEPALA RUANGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RS TINGKAT III Dr. REKSODIWIRYO PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf (1).pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan kerja perawat pelaksana tidak terbentuk dengan sendiri tetapi dapat di dorong oleh pelaksanaan fungsi pengarahan yang diberikan kepala ruangan kepada perawat pelaksana. Fungsi pengarahan meliputi pendelegasian, komunikasi, training dan motivasi. Kegiatan pengarahan yang melibatkan kepala ruangan dengan perawat pelaksana akan mendorong tercapainya sasaran dan tujuan yang ingin dicapai rumah sakit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan fungsi pengarahan kepala ruangan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RS Tk. III Dr.Reksodiwiryo Padang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan desain cross sectional study dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling yang berjumlah 83 responden. Penelitian ini menggunakan analisis Chi-Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan fungsi pengarahan (pendelegasian dan komunikasi) kepala ruangan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana. Fungsi pengarahan yang memiliki kontribusi paling besar dalam mendorong kepuasan kerja perawat adalah pendelegasian. Bagi manajemen rumah sakit diharapkan melakukan evaluasi pelaksanaan fungsi pengarahan kepala ruangan, membuat SOP pendelegasian tugas. Diharapkan kepala ruangan menjalin komunikasi yang baik, membuat jadwal yang adil terkait dengan giliran perawat yang akan mengikuti pelatihan dan meningkatkan motivasi perawat pelaksana dalam bekerja sehingga hasil kerja yang didapatkan lebih optimal dan terciptanya kepuasan kerja. Kata Kunci : Pendelegasian, Komunikasi, Training, Motivasi dan Kepuasan Kerja Daftar Pustaka : 99 (2004-2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Fatma Sri Wahyuni,Apt
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 17 Oct 2018 13:44
Last Modified: 17 Oct 2018 13:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38605

Actions (login required)

View Item View Item