VERIFIKASI GEOMETRI DAN DOSIS RADIASI PENYINARAN LINAC TIPE CLINAC CX TERINTEGRASI ELECTRONIC PORTAL IMAGING DEVICE (EPID) MENGGUNAKAN TEKNIK IMRT DI RSP UNIVERSITAS ANDALAS

Bagus, Sidik Waskito Hadi (2018) VERIFIKASI GEOMETRI DAN DOSIS RADIASI PENYINARAN LINAC TIPE CLINAC CX TERINTEGRASI ELECTRONIC PORTAL IMAGING DEVICE (EPID) MENGGUNAKAN TEKNIK IMRT DI RSP UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAPUS.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menverifikasi geometri dan dosis radiasi penyinaran menggunakan pesawat Linac tipe Clinac CX yang diintegrasi EPID dengan teknik IMRT. Verifikasi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pesawat Linac yang dimiliki oleh RSP Universitas Andalas. Pesawat Linac adalah alat terapi radiasi eksternal yang digunakan untuk mengobati kanker. Electronic Portal Imaging Device (EPID) adalah perangkat tambahan yang diintegrasikan pada pesawat Linac dan digunakan untuk verifikasi geometri dan verifikasi dosis radiasi penyinaran. Salah satu teknik penyinaran radioterapi yang digunakan pada pesawat Linac adalah Intensity Modulated Radiation Therapy (IMRT), yang merupakan teknik radioterapi yang menggunakan banyak lapangan radiasi dalam penyinarannya. Penelitian menggunakan Multi Cube sebagai pengganti tubuh pasien. Variasi yang digunakan pada penelitian terdiri variasi luas lapangan radiasi persegi (5 x 5) cm sampai (29 x 29) cm dengan interval 2 cm dan dengan energi 6 MV dan 10 MV dari berkas foton. Verifikasi geometri dilakukan dengan melihat status ketepatan penyinaran lapangan radiasi. Verifikasi dosis radiasi penyinaran dilakukan dengan mengukur respon linearitas, verifikasi luas lapangan radiasi dan verifikasi nilai gamma indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa verifikasi geometri penyinaran Linac memiliki status sangat baik dengan nilai verifikasi geometri setiap lapangan di sumbu Y dan X tidak melebihi batas toleransi yang ditetapkan yaitu ≤ 0,3 cm. Verifikasi dosis radiasi penyinaran memiliki hasil nilai dosis yang dirancang di TPS dan dosis yang diterima memiliki deviasi dosis yang diperbolehkan oleh IAEA yaitu di bawah 3 % dengan rata-rata keberhasilan 99 % dan rata-rata nilai gamma indeks 0,24. Dari hasil verifikasi geometri dan verifikasi dosis radiasi penyinaran, Linac tipe Clinac CX milik rumah sakit Universitas Andalas berada dalam kondisi baik sesuai ketetapan IAEA dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker pada pasien. Kata kunci: Electronic Portal Imaging Device (EPID), Intensity Modulated Radiation Therapy (IMRT), Linac, Multi Cube, Nilai gamma indeks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DIAN MILVITA, M.Si
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 16 Oct 2018 12:55
Last Modified: 16 Oct 2018 12:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38595

Actions (login required)

View Item View Item