Asuhan Keperawatan Pada Ny. R dengan Chronic Kidney Desease Stage V dengan Aplikasi Relaksasi Napas Dalam di Ruang HCU Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018

Adilla, Fitri (2018) Asuhan Keperawatan Pada Ny. R dengan Chronic Kidney Desease Stage V dengan Aplikasi Relaksasi Napas Dalam di Ruang HCU Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
pdf BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
pdf BAB V.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
pdf DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full)
pdf karya ilmiah akhir fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS September 2018 Nama : Adilla Fitri, S.Kep BP : 1741312051 Asuhan Keperawatan Pada Ny. R dengan Chronic Kidney Disease Stage V dengan Aplikasi Relaksasi Napas Dalam di Ruang HCU Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2018 ABSTRAK Pasien dengan Chronic Kidney Disease (CKD) yang menjalani hemodialisis dalam jangka waktu panjang, pada umumnya mengeluhkan kelelahan yang berpengaruh pada kualitas hidup pasien. Relaksasi napas dalam membuat tubuh mendapatkan input oksigen yang adekuat, dimana oksigen akan mengalir kedalam pembuluh darah dan seluruh jaringan tubuh, membuang racun dan sisa metabolisme yang tidak terpakai meningkatkan metabolisme dan memproduksi energi sehingga dapat menurunkan fatigue. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah membahas asuhan keperawatan yang komprehensif pada pasien dengan chronic kidney desease dan menggunakan aplikasi relaksasi napas dalam untuk mengurangi level fatigue pada pasien di ruangan HCU Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Prosedur yang dilakukan untuk asuhan ini dimulai dari pengkajian, analisa data, menentukan diagnosa, menyusun rencana, melakukan implementasi dan pendokumentasian evaluasi keperawatan. Pada diagnosa diangkat salah satunya adalah fatigue, yang mana dilakukan teknik relaksasi napas dalam untuk mengurangi level fatigue yang dialami oleh pasien. Hasil setelah dilakukan aplikasi teknik relaksasi napas dalam dengan menggunakan alat ukur kuesioner FACIT fatigue scale didapatkan peningkatan skor dari 24 menjadi 33, hal ini menunjukkan terjadinya penurunan dari tingkat fatigue yang dialami pasien. Disarankan teknik relaksasi napas dalam ini dapat dijadikan standar operasional prosedur dalam pelayanan keperawatan khususnya pada pasien chronic kidney desease yang menjalani hemodialisa untuk menurunkan tingkat kelelahan yang dihadapi pasien. Kata Kunci : Chronic Kidney Disease, hemodialisis, fatigue, relasasi, napas dalam Daftar Pustaka : 29 ( 2008 – 2018)

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: RENI PRIMA GUSTY, S.KP, M.KES
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:43
Last Modified: 18 Oct 2018 17:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38400

Actions (login required)

View Item View Item