Asuhan Keperawatan Keluarga Lansia Pada Ny.D dengan demensia melalui penerapan senam otak (Brain Gym) di Komunitas RW II Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara

Putri, Dahlia (2018) Asuhan Keperawatan Keluarga Lansia Pada Ny.D dengan demensia melalui penerapan senam otak (Brain Gym) di Komunitas RW II Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara. Putri Dahlia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS September 2018 Nama : Putri Dahlia, S.Kep No BP : 1741312064 Asuhan Keperawatan Keluarga Lansia Pada Ny.D dengan demensia melalui penerapan senam otak (Brain Gym) di Komunitas RW II Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara ABSTRAK Penduduk lanjut usia merupakan bagian dari anggota keluarga dan angggota masyarakat yang semakin bertambah jumlahnya sejalan dengan peningkatan usia harapan hidup. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan mahasiswa profesi Keperawatan Universitas Andalas di RW II Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara pada bulan Agustus 2018 didapatkan data 2 orang lansia menderita demensia. Pada pasien kelolaan didapatkan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan demensia sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Senam otak (Brain Gym) merupakan salah satu cara efektif pada lansia untuk mencegah demensia. Tujuan dari laporan ilmiah ini adalah mahasiswa mampu memberikan asuhan yang komprehensif terhadap pasien dengan demensia serta mampu menerapkan manajemen pelayanan pada lansia di komunitas. Pengumpulan data laporan ilmiah ini menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan observasi, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan demensia serta meningkatnya fungsi kognitif lansia yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil MMSE dari 17 menjadi 20. Saran dari laporan ini adalah agar petugas kesehatan lebih mengoptimalkan lagi pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya. Kata Kunci : Senam otak, Demensia, lansia Daftar Pustaka : 31 (2003-2016)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:09
Last Modified: 18 Oct 2018 17:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38382

Actions (login required)

View Item View Item