ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Tn.R DENGAN KASUS RISIKO JATUH MELALUI PENERAPAN SENAM KAKI DI KOMUNITAS RW II KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018

Ira, Trisnawati (2018) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA Tn.R DENGAN KASUS RISIKO JATUH MELALUI PENERAPAN SENAM KAKI DI KOMUNITAS RW II KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img] Text (KTI Full text)
LAPORAN ILMIAH AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS September 2018 Nama : Ira Trisnawati, S.Kep No.BP : 1741313019 Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Tn.R Dengan Kasus Resiko Jatuh Melalui Penerapan Senam Kaki Di Komunitas RW II Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara Tahun 2018 ABSTRAK Menua adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindari, berjalan terus menerus dan berkesinambungan. Selanjutnya akan menyebabkan perubahaan anatomis, fisiologis dan biokimia pada tubuh, sehingga akan mempengaruhi fungsi dan kemampuan tubuh secara keseluruhan. Masalah kesehatan fisik yang sering terjadi pada lansia diantaranya yaitu kejadian jatuh. Jatuh dapat menyebabkan cidera yang serius, satu per sepuluh dari kejadian jatuh pada lansia menyebabkan cidera yang serius, seperti tulang pinggul atau cidera kepala. Penurunan kekuatan otot, keseimbangan, fungsi penglihatan yang terganggu, fungsi kognitif atau faktor dari lingkungan dapat menyebabkan resiko jatuh pada lansia. Program intervensi latihan fisik untuk lansia telah terbukti efektif untuk mencegah jatuh, salah satunya dengan latihan senam kaki. Senam kaki bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah agar nutrisi ke jaringan lebih lancar, memperkuat otot-otot kecil, otot betis, dan otot paha serta mengatasi keterbatasan gerak dan sendi. Tujuan dari laporan ilmiah ini adalah agar mahasiswa mampu memberikan gambaran asuhan yang komprehensif terhadap lansia dengan masalah resiko jatuh. Laporan ilmiah asuhan keperawatan ini menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terlihat dengan adanya Kata kunci : resiko jatuh, senam kaki, peningkatan pengetahuan tentang resiko jatuh dan peningkatan jumlah skor pada pemeriksaan skala keseimbangan Berg (Berg Balance Scale) dari 38 menjadi 46 setelah dilakukan senam kaki selama empat minggu. Saran dari laporan ini adalah agar keluarga lebih berperan aktif dalam merawat lansia dengan resiko jatuh dengan melakukan latihan senam kaki. lansia dan skala keseimbangan Berg Daftar Pustaka : 46 (2002-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: GUSTI SUMARSIH, S.Kp. M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:06
Last Modified: 18 Oct 2018 16:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38365

Actions (login required)

View Item View Item