ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Ny. S DENGAN KASUS INSOMNIA SERTA PENERAPAN PEMBERIAN AROMATERAPI MELATI (JASMINE) PADA LANSIA DI RW I1 RT IV KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018

dila, husni fadhilah (2018) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA Ny. S DENGAN KASUS INSOMNIA SERTA PENERAPAN PEMBERIAN AROMATERAPI MELATI (JASMINE) PADA LANSIA DI RW I1 RT IV KELURAHAN LOLONG BELANTI KECAMATAN PADANG UTARA TAHUN 2018. Other thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
7.BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
11.BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img] Text (KTI full text)
FULL KTI HUSNI FADHILAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lanjut usia merupakan penduduk yang mengalami proses penuaan secara terus menerus, yang ditandai menurunnya daya tahan fisik Hal ini disebabkan karna terjadinya perubahan dari segi fisik, psikososial dan spiritual. Salah satu perubahan fisik lansia adalah perubahan pola tidur. Lansia yang mengalami insomnia dikarenakan faktor usia dan jenis kelamin, dan gaya hidup. Hal ini akan berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan lansia. Berdasarkan temuan pada pasien kelolaan didapatkan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga pada lansia dengan insomnia sehingga diperlukannya penanganan dan asuhan keperawatan yang komprehensif. Pemberian aromaterapi melati (jasmine) pada lansia mampu untuk meningkatkan kualitas tidur pada lansia. Masalah keperawatan yang diangkat adalah Gangguan Pola Tidur pada Ny. S di RW II Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara. Tujuan dari Laporan ini adalah memberi gambaran asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap lansia kelolaan dengan gangguan pola tidur dan mampu menerapkan manajemen kasus pada lansia. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan insomnia serta bertambahnya kualitas tidur lansia dengan di buktikan nya peningkatan hasil PSQI dari 13 ke 9. Saran dari laporan ini adalah agar petugas kesehatan mengoptimalkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya Kata Kunci : Lansia, Gangguan Pola Tidur, Aromaterapi Melati (Jasmine) Daftar Pustaka : 37 (2004-2017)

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih S.Kp.M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 15:18
Last Modified: 18 Oct 2018 15:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38342

Actions (login required)

View Item View Item