ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. Y (41 TAHUN) DENGAN KANKER OVARIUM STADIUM III B + ANEMIA SEDANG DAN PENERAPAN EVIDENCE BASED PRACTICE DI RUANG GINEKOLOGI KEBIDANAN RSUP. DR. M.DJAMIL PADANG

SUCI, RIZKI MUKHLISAH (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. Y (41 TAHUN) DENGAN KANKER OVARIUM STADIUM III B + ANEMIA SEDANG DAN PENERAPAN EVIDENCE BASED PRACTICE DI RUANG GINEKOLOGI KEBIDANAN RSUP. DR. M.DJAMIL PADANG. Universitas Andalas, Padang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5. BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
11. BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS LAPORAN ILMIAH AKHIR, Oktober 2018 Nama : SUCI RIZKI MUKHLISAH No. BP : 1741312082 Asuhan Keperawatan Pada Ny. Y (41 Tahun) Dengan Kanker Ovarium Stadium III B + Anemia Sedang Dan Penerapan Evidence Based Practice Di Ruang Ginekologi-Onkologi Kebidanan Rsup. Dr. M.Djamil Padang ABSTRAK Kanker ovarium adalah sebuah penyakit sel tumor ganas didalam ovarium wanita dan merupakan salah satu tumor yang paling sering ditemukan pada organ reproduksi wanita. Etiologi dari kanker ovarium belum diketahui secara pasti, namun ada tiga faktor yang menjadi pencetus terjadinya kanker ovarium yaitu faktor reproduksi, faktor lingkungan dan faktor genetik. Manifestasi klinis dari kanker ovarium yaitu adanya gangguan menstruasi disertai nyeri perut, gangguan buang air besar ataupun air kecil, mual, muntah, penurunan nafsu makan serta pada stadium lanjut mengakibatkan acites. Tujuan dari penulisan laporan ilmiah akhir ini adalah membahas asuhan keperawatan pada Ny.Y (41 tahun) dengan kanker ovarium stadium lanjut + anemia sedang di ruang Ginekologi-Onkologi Kebidanan RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Proses asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian, analisa data, menentukan diagnosa, menyusun rencana, melaksanakan implementasi, dan pendokumentasian proses keperawatan. Diagnosa keperawatan yang diangkat pada Ny.Y yaitu ketidakefektifan perfusi jaringan perifer, nyeri kronik, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, ansietas dan gangguan citra tubuh. Sebagai perawat, dalam mengatasi nyeri pasien salah satu teknik non farmakologis yang dapat dilakukan yakni teknik effleurage massage sebagai evidence based practice dalam pelaksanaan intervensi keperawatan. Teknik effleurage massage merupakan terapi komplementer dan merupakan bentuk masase dengan menggunakan telapak tangan yang memberi tekanan lembut keatas permukaan tubuh dengan arah sirkular secara berulang. Selain itu, terapi ini efisien dari segi biaya, non invasif, dan berpengaruh positif terhadap pengurangan nyeri pada pasien kanker. Hasil setelah dilakukan implementasi teknik effleurage massage nyeri klien berkurang dan keluarga dapat melakukannya juga kepada klien. Laporan ini dapat menjadi masukan dalam pemberian asuhan keperawatan khususnya pada klien dengan kanker ovarium stadium lanjut serta penerapan evidence based practice di ruangan. Kata Kunci : kanker ovarium, evidence based Daftar Pustaka : 54 (2007-2017)

Item Type: Other
Primary Supervisor: VETTY PRISCILLA,S.KP,M.KEP,SP.MAT,MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:30
Last Modified: 18 Oct 2018 16:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38337

Actions (login required)

View Item View Item