ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. M DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS KESEHATAN JIWA PENGGERAKAN MASYARAKAT KELOMPOK RESIKO DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2018

Rahmi, Rahayu Putri (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. M DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN KASUS KESEHATAN JIWA PENGGERAKAN MASYARAKAT KELOMPOK RESIKO DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2018. RAHMI RAHAYU PUTRI, UNIVERSITAS ANDALAS. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penyakit Diabetes Melitus merupakan masalah kesehatan dunia. Penyakit Diabetes mempunyai dampak negatif terhadap fisik maupun psikologis penderitanya. Perubahan dalam hidup yang mendadak membuat penderita Diabetes Melitus menunjukkan reaksi psikologis yang negatif diantaranya adalah marah, merasa tidak berguna, kecemasan yang meningkat, stres dan depresi. Data menunjukkan bahwa hampir 15 % pasien dengan Diabetes Mellitus memiliki komplikasi sindrom kecemasan. Pada pasien penderita Diabetes Mellitus ditemukan masalah kecemasan sehingga diperlukan asuhan keperawatan yang tepat untuk mengatasinya dan adanya penggerakan masyarakat kelompok resiko Community Mental Health Nursing (CMHN) di RW 06 Kelurahan Parak Gadang Timur. Tujuan umum pada karya ilmiah akhir ini adalah mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan jiwa secara menyeluruh terhadap pasien dengan ansietas dan mampu memberikan manajemen kasus kesehatan jiwa terhadap kelompok resiko. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 20 Agustus - 01 September 2018 dan manajemen kasus kesehatan jiwa kelompok resiko dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2018. Hasil asuhan keperawatan terdapat penurunan tingkat kecemasan dari kecemasan sedang kepada kecemasan ringan. Pada penerapan manajemen kasus kesehatan jiwa kelompok resiko dengan penyuluhan ansietas pada penderita Diabetes Mellitus, didapatkan hasil peserta yang tidak memahami cara mengatasi ansietas setelah diberikan penyuluhan, pengetahuan peserta menjadi baik dalam mengatasi ansietas yang dialaminya. Disarankan kepada perawat CMHN agar dapat mengimplementasikan pengelolaan kasus kesehatan jiwa kelompok resiko dan melakukan kunjungan rumah untuk melakukan pembinaan yang berkelanjutan pada keluarga dengan masalah ansietas. Kata Kunci : Diabetes Mellitus, Ansietas, CMHN Daftar Pustaka : 50 (2006-2017)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Ns. Randy Refnandes, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:34
Last Modified: 18 Oct 2018 16:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38324

Actions (login required)

View Item View Item