ASUHAN KEPERAWATAN ANSIETAS PADA Ny. E DENGAN HIPERTENSI DAN MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : SOSIALISASI KESEHATAN JIWA PADA KADER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS

ricca, tami febriyanti (2018) ASUHAN KEPERAWATAN ANSIETAS PADA Ny. E DENGAN HIPERTENSI DAN MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : SOSIALISASI KESEHATAN JIWA PADA KADER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS. universitas andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULAN.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (kti full)
gabungan semua bab.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SEPTEMBER, 2018 Nama : Ricca Tami Febriyanti BP : 1741312054 ASUHAN KEPERAWATAN ANSIETAS PADA Ny.E DENGAN HIPERTENSI DAN MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : PENYULUHAN KESEHATAN JIWA PADA KADER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS ABSTRAK Penyakit hipertensi banyak terdapat di negara berkembang. Hipertensi bisa berdampak pada fisik maupun psikososial. Ansietas merupakan perasaan tidak nyaman atau kekhawatiran yang disertai respon autonomy atau perasaan takut yang disebabkan oleh antisipasi terhadap bahaya. Untuk mengontrol ansietas pada penderita hipertensi dilakukan asuhan keperawatan jiwa. Upaya untuk pemberdayaan masyarakat terhadap kesehatan jiwa dapat dicapai dengan suatu manajemen pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kesehatan jiwa berbasis komunitas. Pemberdayaan masyarakat di RW 06 Kelurahan Parak Gadang Timur terdapat 4 orang kader kesehatan yang terdiri dari kader posyandu dan kader lansia. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien hipertensi yang mengalami ansietas dan mampu menerapkan manajemen pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi penyuluhan kesehatan jiwa pada kader. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 20- 30 Agustus 2018 dan manajemen pelayanan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2018. Hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan adalah kilen mengalami penurunan ansietas dari sedang ke ringan. Pada pelaksanaan manajemen pelayanan kesehatan keperawatan didapatkan hasil peningkatan pengetahuan kesehatan jiwa. Disarankan kepada klien mampu melakukan teknik relaksasi secara mandiri serta rutin memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan dan agar perawat CMHN dan dokter spesialis jiwa di Puskesmas Andalas membentuk kader kesehatan jiwa dan dapat mendeteksi dini warga yang sehat, resiko gangguan jiwa dan gangguan jiwa. Kata Kunci : Ansietas, Hipertensi, Manajemen pemberdayaan masyarakat, kesehatan jiwa Daftar Bacaan : 42 ( 2003 -2017)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Ns. Bunga Permata Wenny, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:00
Last Modified: 18 Oct 2018 17:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38314

Actions (login required)

View Item View Item