ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. S DENGAN KANKER PAYUDARA SERTA EDUKASI PREOPERATIF LYMPHEDEMA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI RUANG BEDAH WANITA RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

Uci, Sri Wahyuni (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. S DENGAN KANKER PAYUDARA SERTA EDUKASI PREOPERATIF LYMPHEDEMA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI RUANG BEDAH WANITA RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG. UCI SRI WAHYUNI.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
(1) Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
(2) BAB I- Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
(3) BAB V-Penutup.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
(4) daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT-UCI SRI AHYUI-1741312049.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penatalaksanaan kanker payudara diantaranya adalah pembedahan atau lebih dikenal dengan mastektomi. Mastektomi dapat berisiko mengalami lymphedema. Lymphedema adalah pembengkakan yang disebabkan oleh pengangkatan kelenjar getah bening saat operasi sehingga mengalami gangguan dalam aliran kelenjar getah bening. Akibat dari lymphedema adalah keluhan fisik berupa pergerakan pasien terbatas, nyeri sehingga hal ini perlu dilakukan pencegahan dengan diberikan pendidikan kesehatan bagaimana perawatan untuk mencegah terjadi lymphedema. Tujuan laporan ini adalah memaparkan asuhan keperawatan kanker payudara dengan pemberian edukasi preoperative lymphedema. Diagnosa yang ditemukan pada pasien preoperative adalah nyeri kronis dan kurang pengetahuan, untuk nyeri kronis sudah diberikan intervensi medikasi sedangkan untuk kurang pengetahuan diberikan edukasi preoperative lymphedema sesuai dengan penerapan EBN. Setelah dilakukan edukasi preoperatif lymphedema selama 1 hari dengan menggunakan media sehingga didapatkan hasil adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan pada pasien tentang resiko terjadinya lymphedema pasca mastektomi dari pengetahuan rendah menjadi pngetahuan baik. Oleh karena itu disarankan perawat ruangan untuk melakukan edukasi lymphedema pada semua pasien kanker payudara yang akan menjalani operasi. Kata Kunci :Kanker Payudara,Edukasi,Preoperatif , Lymphedema Referensi :69(2000 – 2016)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M. Kep, Sp. Kep. MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:34
Last Modified: 18 Oct 2018 17:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38260

Actions (login required)

View Item View Item